Rabu 11 Desember 2019, 07:13 WIB

Ancelotti Dipecat Napoli

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Ancelotti Dipecat Napoli

AFP/Tiziana FABI
Carlo Ancelotti

 

CARLO Ancelotti dipecat Napoli meski sukses mengantarkan klub Serie A itu ke babak 16 besar Liga Champions, Rabu (11/12), berkat kemenangan 4-0 atas Genk.

"Napoli memutuskan melepaskan Carlo Ancelotti dari posisinya sebagai pelatih tim utama," ungkap Partenopei dalam sebuah pernyataan resmi.

Kemenangan atas Genk yang memastikan Napoli lolos sebagai runner-up Grup E, tertinggal satu poin dari Liverpool, mengakhiri rangkaian sembilan laga tanpa kemenangan akibat kisruh di ruang ganti dan perselisihan antara klub, Ancelotti, dan para pemain.

Mantan pelatih AC Milan Gennaro Gattuso berada di posisi terdepan untuk menggantikan Ancelotti di Napoli yang musim lalu menjadi runner-up Serie A di belakang Juventus/

Saat ini, Napoli terpuruk di peringkat tujuh klasemen dengan raihan 21 poin, tertinggal 17 poin dari pemuncak klasemen Inter Milan dan delapan poin dari Cagliari yang berada di posisi terakhir jatah Liga Champions.

Baca juga: Antarkan Napoli ke 16 Besar, Ancelotti Tegaskan tidak akan Mundur

Pada Senin (9/12), Ancelotti mengatakan pelatih harus selalu siap membawa koper mereka seiring spekulasi mengenai masa depannya memanas.

"Mengundurkan diri? Saya tidak pernah mengundurkan diri sepanjang karier saya dan tidak akan melakukannya," ungkap Ancelotti selepas laga melawan Genk. "Masa depan saya? Manajemen tim yang akan memutuskannya."

Napoli memang dilanda krisis setelah pemilik klub Aurelio De Laurentis berselisih dengan para pemainnya setelah serangkaian hasil buruk mereka.

Para pemain Napoli menolak menuruti permintaan De Laurentiis untuk menjalani pemusatan latihan selama sepekan pada November. Sikap itu berujung pada pemotongan gaji sebesar 2,5 juta euro.

Serikat pekerja sepak bola FIFPro menegaskan mereka mendukung pemain Napoli untuk melawan pelecehan dan intimidasi dan menuding aksi De Laurentiis mendenda pemainnya tidak bisa dibenarkan.

Ancelotti menggantikan posisi Maurizio Sarri pada Juli 2018. Dia mengantarkan Il Partenopei menduduki posisi runner-up Serie A pada musim lalu.

"Saya tidak bisa berpura-pura. Faktanya, tim ini tidak memberikan hasil yang terbaik," ujar Ancelotti.

"Di Eropa, kita melihat Napoli yang berbeda, tim yang ingin saya lihat di Serie A juga. Saya tengah mencari solusi mengatasi masalah ini," imbuhnya

Napoli gagal menang di tujuh laga Serie A sejak 19 Oktober dan akan berhadapan dengan Parma pada Sabtu (14/12). (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More