Rabu 11 Desember 2019, 06:18 WIB

Lewati Hadangan Salzburg, Liverpool Juara Grup

Riyan Ferdianto | Sepak Bola
Lewati Hadangan Salzburg, Liverpool Juara Grup

AFP/JOE KLAMAR
Para pemain Liverpool melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang RB Leipzig di laga Liga Champions

 

LIVERPOOL memastikan diri lolos ke babak 16 besar usai mengalahkan tuan rumah RB Salzburg dengan skor 2-0 pada laga terakhir Grup E Liga Champions, Rabu (11/12) dini hari WIB.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Salzburg langsung tampil menyerang. Baru berjalan tiga menit, tuan rumah langsung mengancam melalui aksi Enock Mwepu. Namun, arah tembakannya masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Alisson Becker.

Dua menit berselang, Liverpool merespon. Umpan panjang Dejan Lovren menemui Mohamed Salah. Dengan kecepatannya, pemain asal Mesir ini menuju ke kotak penalti Salzburg. Ia lalu melepas sepakan mendatar. Namun, usahanya itu mampu digagalkan dengan gemilang Cican Stankovic.

Pada menit ketujuh, Salzburg nyaris membuka keunggulan. Hwang Hee-Chan menusuk dari sisi kanan lalu melepas tembakan. Alisson dengan gemilang meredam upaya pemain Korea Selatan ini.

Baca juga: Lumat Genk, Napoli Lolos ke 16 Besar

Sadio Mane juga nyaris mencetak gol ke gawang tuan rumah pada menit ke-20. Namun, sontekan pemain timnas Senegal itu masih belum menemui sasaran.

Jual beli serangan terus diperlihatkan kedua tim hingga menit-menit akhir babak pertama. Peluang emas didapat Liverpool maupun Salzburg. Namun, hingga babak pertama usai, skor kaca mata tidak berubah.

Usai jeda, Liverpool langsung tancap gas. Pada menit ke-49 Mohamed Salah mendapat peluang emas usai mendapat umpan Sadio Mane. Namun sayang, sontekan pemain asal Mesir tersebut masih belum mampu menjebol gawang Salzburg.

Terus menekan, akhirnya Liverpool berhasil memecah kebuntuhan melalui gol yang dicetak Naby Keita pada menit ke-57. Keita berhasil memanfaatkan umpan terukur Sadio Mane.

Tidak butuh waktu lama untuk Liverpool kembali mencetak gol. Satu menit kemudian, sontekan kaki kanan Mohamed Salah mampu merobek gawang Salzburg. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Liverpool.

Tertinggal dua gol, Salzburg mencoba bangkit dan meningkatkan intensitas serangan. Hwang Hee-Chan melesatkan sontekan keras dari luar kotak penalti yang masih mampu diantisipasi dengan baik oleh Allison.

Pada menit ke-77, Mohamed Salah nyaris memperbesar keunggulan Liverpool. Beruntung, sontekannya masih belum menemui sasaran.

Jelang menit-menit akhir babak kedua, Liverpool tidak mengendurkan serangan. Beberapa kali peluang didapat Sadio Mane dan Mohamed Salah. Hingga pertandingan usai skor 2-0 untuk keunggulan Liverpool tidak berubah.

Hasil ini membuat Liverpool lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup E. Tim asuhan Juergen Klopp itu mengoleksi 13 poin. Mohamed Salah dan kawan-kawan unggul satu poin dari Napoli yang di laga lain menang 4-0 atas Genk.

Sementara untuk Salzburg, kekalahan ini membuat mereka tertahan di urutan ketiga usai mengumpulkan tujuh poin. Meski tersingkir dari Liga Champions, mereka masih berhak berlaga di Liga Europa. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More