Rabu 11 Desember 2019, 03:00 WIB

Sanna Marin PM Termuda di Dunia

(AFP/Uca/I-1) | Internasional
Sanna Marin PM Termuda di Dunia

(Photo by Jussi Nukari / Lehtikuva / AFP)
Perdana Menteri Finlandia yang baru Sanna Marin mengetuai pertemuan pemerintah pertamanya sebagai Perdana Menteri di Helsinki, Finlandia

 

SANNA Marin yang berusia 34 tahun akan menjadi perdana menteri termuda di dunia ketika ia diambil sumpah oleh parlemen Finlandia pada hari ini WIB. Meskipun muda, ia tidak kurang dalam pengalaman politik.

Sebelum dilantik sebagai perdana menteri, Sanna Marin menjabat menteri transportasi Finlandia. Kariernya terus melesat sejak ia menjabat Kepala Dewan Tampere, kota yang merupakan kampung halamannya, saat ia berusia 27 tahun.

Marin menjadi kepala pemerintahan termuda di dunia, mengalahkan Perdana Menteri Ukraina Oleksiy Honcharuk yang saat ini berusia 35 tahun.

Marin menang tipis dalam voting pada Minggu (8/12) untuk menggantikan pemimpin Partai Sosial Demokrat Antti Rinne yang mengundurkan diri pada Selasa (3/12) setelah kehilangan kepercayaan dari partai koalisi Partai Tengah dalam menghadapi pemogokan pegawai pos.

"Saya memikirkan alasan yang mendorong saya masuk ke politik dan karena itulah, kami telah mendapatkan kepercayaan dari para pemilih," ujar Marin.

Sebagai ibu dari seorang anak perempuan yang berusia dua tahun, Marin mengaku bahwa perannya dalam mengasuh anak tidak akan mengganggu kemampuan dan performanya dalam menjalankan peran sebagai perdana menteri. "Ketika situasi ini datang dengan mengejutkan, sungguh menenteramkan bahwa suami saya mengirim pesan kepada saya, mengatakan bahwa ia dan ibu saya telah memikirkan bagaimana mereka akan menangani masalah praktis terkait dengan pengasuhan anak," terang Marin, Minggu.

Partai Sosial Demokrat memenangi pemilu legislatif pada April lalu berdasarkan janji mengakhiri kebijakan ekonomi penghematan yang dilakukan Partai Tengah untuk mengeluarkan Finlandia dari resesi. Kemenangan itu dilihat sejumlah pengamat sebagai kemenangan bagi masyarakat liberal Finlandia. (AFP/Uca/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More