Rabu 11 Desember 2019, 02:00 WIB

Penjualan Eceran Meningkat pada Oktober 2019

(Ifa/E-3) | Ekonomi
Penjualan Eceran Meningkat pada Oktober 2019

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/
Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko

 

Survei terbaru Bank Indonesia (BI) menunjukkan penjualan eceran pada Oktober 2019 meningkat dibandingkan dengan penjualan bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Oktober 2019 yang tumbuh 3,6% (yoy). Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan IPR September 2019 sebesar 0,7% (yoy).

"Pertumbuhan penjualan eceran ditopang oleh penjualan pada kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau, serta kelompok Suku Cadang dan Aksesori," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan resmi, kemarin.

Ke depan, penjualan eceran diperkirakan tetap tumbuh positif meskipun sedikit melambat pada November 2019. "Hal ini terindikasi dari IPR November 2019 yang diprakirakan tumbuh 3,4% (yoy)," imbuhnya.

Pertumbuhan positif penjualan eceran ini didorong oleh penjualan kelompok Suku Cadang dan Aksesori, kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya, serta kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau.

Sementara itu, hasil survei BI juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang diperkirakan menurun.

"Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang menurun menjadi 149,2 dari 153,1 pada bulan sebelumnya," pungkasnya. (Ifa/E-3)

Baca Juga

Dok Kemenkominfo

Pemerintah Luncurkan Aplikasi Berbasis AI untuk Perangi Korona

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Maret 2020, 22:02 WIB
Teknologi AI menghubungkan data berbasis peta dan lingkungan sekitar melalui perangkat telepon seluler (ponsel) dan terhubung dengan...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

BPS akan Rilis Inflasi Maret, Berapa Proyeksi Inflasi dari BI?

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 31 Maret 2020, 20:58 WIB
Inflasi pada Maret 2020 akan diperkirakan sebesar 3% jika dilihat secara...
Dok Sinar Mas Land

Sinar Mas Land Bantu Tangani Covid-19 Lewat CSR 

👤Gana Buana 🕔Selasa 31 Maret 2020, 20:49 WIB
Sinar Mas Land sebagai bagian dari masyarakat pihaknya ingin berpartisipasi dan berkontribusi membantu pemerintah memerangi virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya