Selasa 10 Desember 2019, 20:00 WIB

LIPI dan Quipper Tingkatkan Literasi Siswa terkait Penelitian

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
LIPI dan Quipper Tingkatkan Literasi Siswa terkait Penelitian

Medcom
Ilustrasi peneltian

 

BERDASARKAN data dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), jumlah karya ilmiah remaja (KIR) pada 2019 hanya mencapai 1.994 proposal. Jumlah ini terbilang kecil jika dibandingkan dengan jumlah siswa SMA di Indonesia yang mencapai 4,8 juta siswa.

Untuk meningkatkan literasi dan minat anak muda terhadap riset, LIPI berkolaborasi dengan perusahaan teknologi pendidikan Quipper dalam pembuatan konten penelitian berupa video pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami generasi muda, khususnya pelajar SMA.

Proses pembuatan video pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum SMA sudah dilakukan sejak Maret 2019.

"Tantangan pendidikan ke depan tidak hanya transformasi digital, tapi lebih dari itu masih banyak hal lain, salah satunya pendidikan kontekstual itu penting seperti awareness kenapa harus tahu ini, kenapa harus belajar ini?" tutur Business Development Manager Quipper Indonesia Ruth Ayu Hapsari dalam media briefing di Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (10/12).

Menurut Ruth, penelitian merupakan hal yang dekat dengan siswa, tetapi tidak semuanya mengerti tentang penelitian dan apa yang dilakukan oleh seorang peneliti. Oleh karena itu, Quipper dan LIPI berkolaborasi dengan misi untuk memberikan lebih banyak informasi dan meningkatkan kepedulian tentang penelitian pada masyarakat khususnya siswa menggunakan perangkat (tool) yang dimiliki Quipper.


Baca juga: Kemendikbud: Sekolah Swasta Tetap Penting dan Dibutuhkan


"Tantangan selanjutnya adalah bagaimana kita bisa menyebarluaskan informasi tersebut dengan cara yang mudah diterima oleh siswa," ujarnya.

Kepala Balai Informasi Teknologi LIPI, Prapti Sasiwi, mengatakan, kolaborasi dengan Quipper merupakan langkah baru bagi LIPI dalam memasyarakatkan penelitian. Sebelumnya LIPI telah menggelar sejumlah kegiatan untuk memperkenalkan dunia penelitian pada masyarakat seperti KIR, National Young Inventors Award (NYIA), dan Indonesia Science Expo.

"Diharapkan generasi muda lebih tertarik untuk mempelajari terkait penelitian," tandasnya.

Video pembelajaran mengenai hasil penelitian ilmu sosial dan ilmu pengetahuan alam dapat dinikmati secara gratis melalui akun Youtube LIPI, akun YouTube Quipper dan aplikasi Quipper. (OL-1)

Baca Juga

Dok: Istimewa

Jusuf Kalla Tiba di Arab Saudi untuk Finalisasi Desain Museum

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 07:42 WIB
Kunjungan ke Saudi merupakan tindak lanjut pendirian museum internasional di Jakarta yang groundbreaking-nya telah dilaksanakan pada 26...
Dok.MI

Pemerintah Klaim 70% obat Bisa Diproduksi di Dalam Negeri

👤Antara 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 06:00 WIB
Paracetamol yang merupakan obat dasar masih diperoleh Indonesia dengan mengimpor dari India. Sekarang sudah punya produsen paracetamol di...
Sumber: LIPI/Tim Riset MI-NRC

Manfaat Mikrob dalam Produk Probiotik

👤(Atikah IshmahWinahyu/H-2) 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 05:00 WIB
INDONESIA memiliki kekayaan alam yang sangat beragam, termasuk di dalamnya ialah mikroorganisme atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya