Selasa 10 Desember 2019, 17:50 WIB

Delapan Bencana di Majalengka Terjadi Sejak Awal Bulan ini

Nurul Hidayah | Nusantara
Delapan Bencana di Majalengka Terjadi Sejak Awal Bulan ini

Ilustrasi
Angin kencang

 

SEBANYAK delapan kali kejadian bencana terjadi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (Jabar), sejak awal bulan ini.

''Awal musim penghujan ini kebencanaan didominasi oleh bencana angin kencang,'' ungkap Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Majalengka, Rezza Permana

Akibat angin kencang, sejumlah pohon tumbang dan rumah rusak. Kerusakan rumah, lanjut Rezza, ada yang disebabkan oleh pohon tumbang yang menimpa rumah maupun genteng rumah yang terbawa oleh angin kencang.

Delapan peristiwa bencana itu terjadi di Desa Cikeusal, Kecamatan Talaga, Angin kencang menyebabkan pohon tumbang dan rumah-rumah rusak di Desa Cikeusal. Selain itu, satu ruang kelas di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kecamatan Jatitujuh, ambruk akibat angin kencang. Angin kencang juga terjadi di Dusun Cikondang, Desa Sukamaju, kecamatan Lemahsugih yang menyebabkan genteng rumah warga berterbangan.

Awal musim penghujan, lanjut Rezza memang rawan dengan bencana angin Karena itu Rezza meminta warga untuk meningkatkan kewaspdaan.

''Sedangkan pada puncak musim penghujan nanti biasanya rawan dengang longsor dan banjir,'' ungkap Rezza.

Longsor serta tanah bergerak rawan terjadi di wilayah Majalengka bagian selatan. Daerah tersebut merupakan dataran tinggi dan memiliki kemiringan lahan yang cukup miring. Sedangkan untuk daerah yang rawan banjir rawan terjadi di wilayah Majalengka bagian utara, yang merupakan dataran rendah. (OL-11)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More