Selasa 10 Desember 2019, 11:34 WIB

BPPT Innovation Day Terobosan Hadapi Persaingan Global

Siswantini Suryandari | Humaniora
BPPT Innovation Day Terobosan Hadapi Persaingan Global

Istimewa
Kepala BPPT Hammam Riza

 

KEPALA Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Hammam Riza menilai acara BPPT Innovation Day merupakan acara yang cukup strategis dan perlu disikapi serius dengan tindakan nyata. Hal itu disampaikan Hammam saat membuka BPPT Innovation Day di Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (10/12/2019).

Hammam menjelaskan bahwa Innovation Day ini erat kaitannya dengan peningkatan kualitas pembangunan, peningkatan inklusivitas, dan perbaikan degradasi lingkungan.

"Selain itu BPPT Innovation Day ini sebuah terobosan untuk ancaman middle income trap dan menghadapi persaingan global," ujarnya dalam keterangan resmi.

Untuk itu, iptek dan inovasi (iptekin) harus dilakukan secara sistematis, sistemik, dam sinergis untuk mewujudkan tindakan nyata BPPT Innovation Day.

"Untuk itu diperlukan ekosistem inovasi untuk mempermudah implementasi manfaat iptekin. BPPT dalam beberapa tahun terakhir telah mereformasi diri menjadi sebuah lembaga pemerintah non kementerian yang selalu tanggap terhadap isu-isu nasional," tambahnya.

Ditambah merespons secara solid, smart dan speed untuk mewujudkan ekosistem inovasi untuk negeri.

Dalam BPPT Innovation Day dihadirkan 9 produk inovasi terkini meliputi bidang pangan, infrastruktur, kebencaaan, kesehatan dan teknologi informasi. Acara yang berlangsung sehari ini dihadiri Menristek/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro sekaligus menjadi pembicara kunci. Selain pameran inovasi, para inovator dipertemukan langsung dengan para pebisnis yang berminat untuk memproduksi hasil inovasi dalam negeri.

baca juga: Lestarikan Wayang, BCA Gelar Wayang for Student 2019 di Bandung

Pada kesempatan sama BPPT melakukan MoU dengan Kota Cirebon untuk mendukung pembangunan Kota Cirebon. Penandatanganan MoU juga dilakukan antara industri dan mitra BPPT antara lain Pemkab Pelalawan dengan PT Wirasena Bangun Utama, Pemkab Pelalawan dengan PT Perkebunan Nusantara V, serta PT Pindad Persero dengan PT Wirasena Bangun Utama. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More