Selasa 10 Desember 2019, 06:45 WIB

Pengemudi Diminta Waspadai Titik Rawan di Tol Cipali

Kautsar Bobi | Nusantara
Pengemudi Diminta Waspadai Titik Rawan di Tol Cipali

ANTARA/M Ibnu Chazar
Kendaraan pemudik yang terjebak kemacetan saat melintas di ruas jalan tol Cikopo - Palimanan KM 80, Purwakarta, Jawa Barat, Lebaran lalu.

 

KORPS Lalu Lintas Polri meminta masyarakat mewaspadai titik-titik rawan di Tol Cikopo Palimanan (Cipali) saat libur Natal dan Tahun Baru 2020. Lokasi tersebut berada di kilometer (Km) 86 sampai Km 130.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengatakan, untuk meminimalisasi terjadinya laka lantas, pengemudi disarankan beristirahat di tempat yang telah disediakan. Pasalnya, saat ini, polisi belum memiliki alat pemantu waktu lama tempuh pengemudi.

"Ada satu langkah pencegahan (laka lantas) di (Km) 130, ada rest area. Kita wajibkan istirahat di sana," ujarnya saat meninjau kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Rest Area Tol Cipali Km 102, Jawa Barat, Senin (9/12).

Baca juga: Tinjau Brexit, Kakorlantas Minta Pemudik tak Paksakan Perjalanan

Ia menambahkan aparat kepolisian nantinya akan melakukan tindakan proaktif untuk mengingatkan pengemudi untuk beristirahat ketika rasa lelah menyerang. Mengingat, dalam kurun waktu satu tahun telah terjadi laka lantas sebanyak 22 kali di Tol Cipali.

"Nanti ada warning di mobil double kabin kita. Ada running text dan pengeras suara. Kita ingatkan inilah jalan rawan, bapak ibu perlu istirahat," jelasnya.

Selain itu, untuk menyiasasti terjadinya penumpukan kendaraan di rest area, pengemudi akan dibatasi waktunya.

"Ada anggota yang ngatur. Waktunya 30 menit sampai 1 jam biar gak numpuk," tuturnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More