Senin 09 Desember 2019, 19:21 WIB

5 Dipecat, Direksi Garuda Indonesia Sisa 2 Orang

Faustinus Nua | Ekonomi
5 Dipecat, Direksi Garuda Indonesia Sisa 2 Orang

Antara
Dewan Komisaris Garuda Indonesia memberikan keterangan pers di Kementerian BUMN Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

 

DEWAN Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) merilis Surat Keputusan (SK) pemberhentian tugas 4 jajaran direksi dan menunjuk 2 direksi tersisa sebagai pelaksana tugas (Plt). Keempat direksi tersebut tidak termasuk direktur utama Garuda yang sudah diberhentikan sejak tanggal 6 Desember, sehingga jumlah semuanya menjadi 5 direksi dari 7 direksi Garuda.

"Menindaklanjuti pertemuan Dewan Komisaris dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Pemegang Saham Seri A Dwiwarna Garuda Indonesia, Dewan Komisaris Garuda Indonesia sesuai kewenangan dalam Anggaran Dasar Perseroan telah menerbitkan Surat Keputusan Dewan Komisaris Garuda Indonesia tentang Pemberhentian Sementara Waktu Anggota-Anggota," dikutip dari SK Dewan Komisaris Garuda, Senin (9/12).

Baca juga:Hari Ini, Kemenhub Layangkan Sanksi Denda untuk Garuda Indonesia

Adapun keempat direksi yang diberhentikan adalah Direktur Operasi Garuda Indonesia Bambang Adisurya Angkasa, Direktur Kargo Dan Pengembangan Usaha Mohammad lqbal, Direktur Teknik Dan Layanan lwan Joeniarto dan Direktur Human Capital Garuda Indonesia Heri Akhyar.

Direksi lainnya yakni Fuad Rizal dan Pikri Ilham Kurniansyah menjadi Plt 4 pos direksi yang ditinggalkan tersebut. Fuad ditunjuk sebagai Plt Direktur Operasi sekaligus menjadi Plt Direktur Teknik dan Layanan. Di samping itu Fuad juga tetap melaksanakan tugasnya sebagai Plt. Direktur Utama dan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

Sementara itu, Pikri ditunjuk sebagai Plt Direktur Human Capital dan Plt Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha. Pikri juga tetap melaksanakan tugasnya sebagai Direktur Niaga.

Kedua direksi tersebut akan melaksanakan tugas-tugasnya sampai dengan penetapan secara definitif oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

Untuk membantu tugas Plt, kedua direksi pun menunjuk dan menetapkan 4 Plt hariannya. Hal tersebut guna memastikan operasianal dan pelayanan Garuda terlaksana dengan baik meski tersisa 2 direksi saja.

Keempat Plt harian adalah Capt. Tumpal Manumpak Hutapea sebagai Pejabat Direktur Operasi, Mukhtaris sebagai Pejabat Direktur Teknik dan Layanan, Joseph Dajoe K. Tendean sebagai Pejabat Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha, dan Capt. Aryaperwira Adileksana sebagai Pejabat Direktur Human Capital.

Dewan Komisaris juga telah menyampaikan permintaan kepada Direksi Garuda agar segera menyelenggarakan RUPS. Hal itu untuk mengukuhkan pemberhentian sementara waktu anggota-anggota direksi tersebut sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. (Van/A-5)

Baca Juga

Antara/Puspa Perwitasari

ShopeePay Hadirkan Fitur Rekognisi Wajah

👤Gana Buana 🕔Senin 26 Oktober 2020, 01:16 WIB
Langkah ini sebagai respons terhadap tingginya transaksi digital melalui ShopeePay di masa pandemi covid-19. Dengan fitur rekognisi,...
Antara/Puspa Perwitasari

Pengembangan Ekonomi Syariah Butuh Komitmen

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 26 Oktober 2020, 00:48 WIB
Sebab, realisasi ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air masih jauh dari potensi yang dimiliki. Dengan pasar yang besar, Indonesia belum...
Antara/HO-Pertamina.

BBM RON Rendah Sebabkan Beban Kesehatan dan Lingkungan

👤Antara 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 21:17 WIB
Menurut dia, jalan terbaik dengan komitmen bersama antara pemerintah dan masyarakat, untuk beralih kepada BBM RON tinggi yang lebih ramah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya