Senin 09 Desember 2019, 16:42 WIB

Segudang Penghargaan untuk Sulawesi Selatan

mediaindonesia.com | Nusantara
Segudang Penghargaan untuk Sulawesi Selatan

Istimewa/Dok.Humas.Sulsel
Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberikan Nurdin penghargaan sebagai Tokoh Perhutanan Sosial 2019.

 

Di tangan Nurdin Abdullah, Provinsi Sulawesi Selatan terus berbenah dalam segala bidang. Penghargaan demi penghargaan pun dikantongi Gubernur Sulsel itu.

Dalam waktu sepekan saja Nurdin Abdullah menyabet empat jenis penghargaan berbeda dari pemerintah maupun swasta yang mengakui kinerjanya.

Empat penghargaan tersebut, yaitu Leader Regional Enterpreneur Award dari MarkPlus, Tokoh Perhutanan Sosial dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Anugerah Paramakarya 2019 yang diserahkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan Anugerah Gatra 2019 dalam Inovasi Pembangunan untuk Indonesia Maju.

Leader Regional Enterpreneur Award 2019 merupakan penghargaan di bidang kesehatan dan perdagangan. Nurdin dinilai memajukan daerahnya melalui tiga karakter, yaitu inovatif, kreatif, dan jiwa entrepreneurship sebagai pemimpin.

Bagi Nurdin, momen itu menambah motivasi semua kepala daerah untuk mendorong kreativitas. “Selain marketing, semua daerah mendapat kesempatan untuk mendorong pembangunan infrastruktur dan konektivitas antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dengan pemerintah pusat,” katanya.

Selain itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberikan Nurdin penghargaan sebagai Tokoh Perhutanan Sosial 2019. Raihan tersebut merupakan prestasi pada level kebijakan.

Sumber daya manusia

Lantas Anugerah Paramakarya 2019 diperoleh Nurdin sebagai prestasi di bidang pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, khususnya produktivitas tenaga kerja. Paramakarya diberikan kepada mereka yang dinilai mampu meningkatkan produktivitas selama tiga tahun berturut-turut.

Anugerah itu menjadi motivasi pengusaha untuk terus mengembangkan kreativitas dan inovasi. “Ini sesuai dengan visi dan misi pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin tentang pengembangan sumber daya manusia,” ujarnya.

Nurdin juga menerima penghargaan Anugerah Gatra 2019 Inovasi Pembangunan untuk Indonesia Maju pada awal bulan ini. Ini disebabkan Sulsel menjadi daerah paling masif membangun infrastruktur.

Jalan  

Pada masa jabatan yang baru setahun lebih ini, Nurdin berhasil membangun infrastruktur penghubung. Sejumlah pembangunan jalan, jembatan, dan bandara dipastikan rampung pada 2020.

Rel kereta api akan dibangun pada tahun mendatang. Bahkan, akses jalan di Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, yang tidak tersentuh selama 74 tahun mulai dilalui kendaraan roda empat pada September 2019.

Di Kabupaten Tana Toraja, bandar udara dibangun untuk mendukung pariwisata. Pada bulan ini, pesawat ATR72 dipastikan mendarat di Bandara Buntu Kunik Tana Toraja.

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan juga berlangsung di daerah lain. Sebut saja, perpanjangan landasan Bandar Udara Lagiligo Bua, Luwu,

pembangunan jalur Pangkep-Bone melalui Tonasa Parigi, akses jalan dua jalur dengan empat lajur Bua menuju Rantepao, jalan pintas dari Larompong menuju Kabupaten Luwu, serta jalan di Desa Munte menuju Kapita, Kabupaten Luwu Utara.

Sejak awal

Sejatinya keberhasilan kepemimpinan Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman yang baru 15 bulan ini di Sulsel tampak sejak awal. Dua bulan pertama sejak dilantik pada 5 September 2018, Pemprov Sulsel langsung meraih empat penghargaan dan Nurdin Abdullah meraih dua penghargaan. Salah satu penghargaan terbaik, yakni Laporan Keuangan Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Sulsel juga menjadi provinsi yang inovatif dalam pelayanan publik dengan meraih Top 40 Inovasi Pelayanan Publik melalui Inovasi Sejuta Ikan. Ada pula penghargaan kelembagaan Berkinerja Utama dalam menguatkan Sistem Inovasi Daerah 2018.

Pada tahun ini, Sulsel juga menyabet penghargaan Indonesia Maju 2018-2019 sebagai Trend Setter Pembangunan dan Inovasi Daerah. Di bidang kesetaraan dan keadilan gender, Sulsel meraih Anugerah Parahita Ekapraya 2019, Pemerintah Tata Kelola Pelayanan dan Penanganan Kasus Terbaik Indonesia, serta Provinsi dengan Pusat Pembelajaran Keluarga Terbaik dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sulsel juga meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata sebagai Daerah Wisata Unggulan. Pada Penganugerahan Kepala Daerah dan BUMD Terbaik 2019, Sulsel meraih tiga penghargaan sekaligus, yakni Provinsi dengan Tingkat Perekonomian Terbaik, Provinsi Terbaik Kedua untuk Kondisi Keuangan Terbaik, dan Peringkat Ketiga untuk Provinsi Terbaik.

Pada Agustus lalu, Sulsel meraih peringkat pertama Budhipura Provinsi Anugerah Iptek dan Inovasi 2019. Nurdin menerima penghargaan di Denpasar, Bali. Apresiasi terakhir yang diterima Sulsel berupa Anugerah Humas Indonesia 2019 pada kategori Pemprov Terpopuler di Media Online.

Atas capaian itu, Nurdin menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah bekerja keras untuk meraih prestasi tersebut, terkhusus untuk seluruh masyarakat Sulsel yang mendukung program pemerintahannya. (LN/S-3)

Baca Juga

Dok Inibaru.id

Jenazah ABK Asal Lampung Ditemukan di Freezer Kapal Ikan Tiongkok

👤Henri Siagian 🕔Kamis 09 Juli 2020, 22:57 WIB
Kapolda Kepulauan Riau Irjen Pol Aris Budiman mengaku menerima informasi ABK asal Indonesia diduga meninggal dunia akibat...
Antara

Warga Payakumbuh Boleh Gelar Resepsi Pernikahan Selama Pandemi

👤Yose Hendra 🕔Kamis 09 Juli 2020, 21:38 WIB
Syaratnya, pernikahan harus mematuhi protokol kesehatan dan tentu saja harus punya...
Antara

Jokowi Tugaskan Prabowo Urus Lumbung Pangan

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 09 Juli 2020, 21:15 WIB
"Karena menyangkut cadangan strategis kita, leading sektornya kita berikan pada Pak Menhan. Tentu saja didukung Menteri Pertanian dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya