Senin 09 Desember 2019, 11:12 WIB

Rusia Dihukum 4 Tahun atas Penggunaan Doping

Despian Nurhidayat | Olahraga
Rusia Dihukum 4 Tahun atas Penggunaan Doping

AFP/Fabrice Coffrini
Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach

BADAN Antidoping Dunia (World Anti-Doping Agency/WADA) mengumumkan sanksi kepada Rusia karena mendukung atlet menggunakan doping. Rusia resmi dihukum selama empat tahun dan tidak bisa mengikuti ajang single event maupun multievent dunia, termasuk Olimpiade 2020 dan Winter Games 2022 di Beijing, Tiongkok.

Sanksi tersebut didapat WADA usai melakukan pertemuan di Lausanne, Swiss, Senin (9/12) WIB. Laboratorium Moskow terbukti telah memalsukan data penggunaan doping kepada WADA pada saat penyelidikan awal tahun ini.

Atas hal tersebut, Rusia bahkan kehilangan hak menjadi tuan rumah atau menawarkan diri menjadi tuan rumah turnamen olahraga dunia.

Baca juga: Rusia Terancam Skorsing Empat Tahun karena Palsukan Data Doping

Meskipun demikian, WADA masih memberikan kesempatan kepada atlet putra maupun putri Rusia mengikuti Olimpiade 2020 dengan syarat dapat membuktikan tidak terlibat dengan sistem doping yang didukung oleh pemerintah Rusia.

Sementara itu, Presiden IOC (International Olympic Committe) Thomas Bach menyerahkan seluruh keputusan kepada WADA. Dia tak ingin memberikan spekulasi apapun atas kejadian ini.

"Saya tidak mau berspekulasi, dan saya menyerahkan semua ini kepada WADA dan CRC (Komite Tinjauan Kepatuhan)," ujar Thomas.(AFP/OL-5)

Baca Juga

Antara

Kemenpora dan PSSI Berbagi Tugas Sukseskan Piala Dunia U-20

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 03 Juli 2020, 20:38 WIB
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan berbagi tugas dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menyukseskan...
Antara

Turnamen PBSI, Praveen/Melati Juara Ganda Campuran

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Jumat 03 Juli 2020, 18:49 WIB
Praveen/Melati menghentikan perlawanan Akbar/Winny dengan skor 21-9 dan 21-17. Pasangan itu mengaku tidak memiliki beban saat...
AFP/Charles Coates

Sebastian Vettel Terkejut, Ferrari Enggan Memperpanjang Kontrak

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Jumat 03 Juli 2020, 16:47 WIB
Dan Renault saat ini tidak dalam posisi untuk menantang tiga tim teratas untuk kemenangan dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya