Minggu 08 Desember 2019, 15:15 WIB

U-Turn Satrio Sisakan Celah untuk Satu Motor

Tri Subarkah | Megapolitan
U-Turn Satrio Sisakan Celah untuk Satu Motor

MI/Tri Subarkah
Kondisi putar balik (u-turn) di bawah fly over Jalan Dr Satrio, Jakarta Selatan pada Minggu (8/12).

 

PASCADIBONGKAR paksa oleh beberapa pengemudi ojek daring, beton penutup putar balik atau u-turn di bawah fly over Jalan Dr Satrio Jakarta Selatan kembali dipasang.

Pantauan Media Indonesia pada Minggu (8/12) siang, penutupan u-turn tersebut kini menggunakan dua lapis beton. Namun, ada satu beton yang dibiarkan terbuka. Celah tersebut mampu untuk dilewati satu sepeda motor.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Budi Setiawan, mengatakan hal tersebut dilakukan karena sebelumnya banyak motor yang melanggar melewati trotoar.

"Makannya kita uji coba dulu, kita kasih cukup satu motor. Koridornya kan uji coba, jadi kita uji cobakan dulu, ngaruhnya terhadap lalu lintas gimana," kata Budi saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (8/12).

Budi mengatakan beton-beton penutup di sana sudah permanen, sehingga tidak ada petugas yang berjaga.

"Sehingga saya minta anggota ke titik-titik yang lainnya," imbuhnya.

Baca juga: Penutup U-turn Jalan Satrio Dibongkar, Dishub Perketat Penjagaan

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dishub DKI Jakarta Rudy Saptari mencatat ada lima u-turn di sepanjang Jalan Dr Satrio, termasuk yang saat ini ditutup. Pihaknya akan mengkaji keempat u-turn lain.

"Nah nanti kita akan kaji lagi, jadi mana yang harus kita tutup, mana yang kita buka, apakah kita buka di ujung-ujung, ataukah ada satu di tengah," paparnya.

Rudy menyebut penutupan u-turn di bawah fly over Jalan Dr Satrio sudah dilaksanakan sejak Selasa (3/12). Hal itu merupakan bentuk rekayasa lalu lintas karena terjadi penyempitan imbas revitalisasi trotoar di jalan tersebut.

Pada Jumat (6/12), beberapa pengemudi ojek daring membongkar paksa beton penutup u-turn. Aksi mereka sempat diabadikan dan viral di media sosial. Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo sempat mengatakan pihaknya akan memperkuat penjagaan petugas di sana.

Namun berdasarkan pantauan Media Indonesia, tidak terlihat satu pun petugas Dishub DKI Jakarta yang menjaga u-turn fly over Jalan Dr Satrio.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More