Minggu 08 Desember 2019, 14:17 WIB

16 Kelurahan di DKI belum Punya Puskesmas

Sri Utami | Megapolitan
16 Kelurahan di DKI belum Punya Puskesmas

MI/M Yakub
Ilustrasi Puskesmas di Lamongan

 

SEBANYAK  16 kelurahan di Jakarta belum memiliki pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Hal tersebut disebabkan sulitnya mendapatkan tanah yang bisa diperuntukan membangun puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan yang tersebar di DKI berjumlah 289 puskesmas kelurahan dan 16 kelurahan belum memiliki puskesmas.

"Kalau dihitung jumlah dibandingkan dengan kantor kelurahan lebih banyak puskesmas kelurahan. Karena ada beberapa wilayah di satu kelurahan memiliki dua bahkan tiga," jelasnya.

Lebih lanjut, Widyastuti mengatakan kelurahan yang belum memilki puskesmas di antaranya Kebon Kacang, Gondangdia, Cikini, Senen, Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Karanganyar, Gambir dan Duri Selatan. Sedangkan di kelurahan Cipinang Cempedak dan Tanah Sereal sudah memiliki pos kesehatan.

"Soal Cempedak belum ada puskesmasnya tapi sudah ada pos kesehatan. Jadi sifatnya masih temporer, bangunan fisik sudah ada tapi belum terstandar puskesmas. Yang Tanah Sereal dulu bekas kantor lurah tapi sangat kecil," ungkapnya.

Baca juga: Lima Puskesmas di Surakarta Raih Akreditasi Paripurna

Dalam rapat pembahasan pendalaman anggaran RAPBD 2020 di DPRD DKI Jakarta, Minggu (8/12), anggota Komisi E mengeluhkan kelurahan yang belum memiliki puskesmas.

 "Di dapil saya di Kecamatan Koja Cilincing ada satu kelurahan belum ada puskesmas tingkat kelurahan," ujar anggota Komisi E Mohammad Arifin

Anggota komisi E lainnya, Achmad Nawawi, menuturkan telah berulang kali mengusulkan pembangunan puskesmas di wilayah yang belum memiliki puskesmas salah satunya di Tanjung Barat.  

"Belum ada puskesmas di Tanjung Barat, Sudah berapa kali saya usulkan tapi tidak juga. Jadi ada beberapa kelurahan di kecamatan yang belum punya puskesmas," tukasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More