Minggu 08 Desember 2019, 13:45 WIB

Kongres PAN, Arah Politik 2024 bukan Prioritas

M Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
Kongres PAN, Arah Politik 2024 bukan Prioritas

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Wakil Ketua Komisi IX Saleh Partaonan Daulay (tengah) bersama Wasekjen DPP PAN Sony Sumarsono (kiri)

 

KETUA Steering Committee Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN Saleh Partaonan Daulay mengungkapkan kongres partainya tidak terpaku dengan arah politik di 2024. Karena itu, bukan hal prioritas untuk dibahas dan masih ada hal mendesak lainnya.

"Sebagai institusi permusyawaratan tertinggi, kongres bisa saja mengambil keputusan terkait agenda politik PAN. Meskipun, hal itu tentu bukan yang paling utama ingin dikerjakan. Ada banyak agenda prioritas lain yang mendesak untuk dikerjakan," ungkap Saleh saat dihubungi, Minggu (8/12).

Wakil Sekretaris Jendral PAN itu menuturkan agenda dominan yang mungkin dibahas ialah perihal Pilkada yang akan dilakukan 2020. Selain itu, masih banyak lagi agenda yang akan diprioritaskan terutama pemilihan ketua umum baru.

"Pemilihan ketua umum, perumusan program kerja, agenda-agenda advokasi masyarakat di seluruh Indonesia, strategi pemenangan Pilkada, konsolidasi organisasi, persiapan menghadapi pemilu 2024 dan lainnya," ujar Saleh.

Baca juga: Rakernas Ricuh, Gagal Tetapkan Tanggal Kongres PAN

Sementara itu, hasil rakernas yang digelar tadi malam belum memunculkan tanggal dan lokasi untuk kongres PAN. Saleh yakin waktu dan lokasi sudah ada dalam dua pekan ke depan. Sehingga segalanya dapat dipersiapkan oleh tuan rumah.

"Hasil keputusan rakernas tentu akan dilaksanakan dan ditindaklanjuti secepatnya. Dalam satu dua minggu ke depan, diharapkan sudah bisa diketahui tanggal dan tempat pelaksananya," ucapnya.

Dari Keputusan rakernas kemarin ialah kongres akan dilaksanakan selambat-lambatnya bulan Maret 2020. Sementara, untuk tempat pelaksanaannya akan dipilih dari salah satu wilayah yang mengajukan diri yaitu Sumatra Utara, Sumatra Barat, Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan dan Papua.

"Tentang tanggal pelaksanaannya akan diputuskan oleh Dewan Pimpinan Pusat PAN dengan mempertimbangkan kesiapan panitia lokal. Sementara tempat pelaksanaan akan ditentukan berdasarkan survey yang akan dilakukan oleh DPP PAN," tuturnya.

Sebelumnya, Rakernas PAN yang digelar di Hotel Milenium, Jakarta, diwarnai kericuha. Sehingga tidak menghasilkan keputusan terkait penetapan jadwal kongres nasional.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More