Minggu 08 Desember 2019, 12:19 WIB

Pariwisata di Flores Timur Gandeng BumDes dan Pokdarwis

Ferdinandus Rabu | Nusantara
Pariwisata di Flores Timur Gandeng BumDes dan Pokdarwis

MI/Ferdinandus Rabu
Bumdes melalui pokdarwis dapat membangun potensi wisata baik wisata alam, maunpun wisata budaya di daerah masing-masing secara mandiri.

 

POTENSI pariwisata di Kabupaten Flores Timur, NTT cukup menjanjikan. Pada 2020, Pemkab Flores Timur melalui dinas pariwisata memprioritaskan pengembangan pariwisata berbasis masyarakat. Model pengembangan pariwisata berbasis masyarakat ini untuk membangun peran aktif keterlibatan masyarakat dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) termasuk di dalamnya melibatkan peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Kadis Pariwisata Flotim, Apolonia Korebima saat dikonfirmasi Minggu (8/12/2019), mengakui bahwa pemerintah daerah telah menyiapkan konsep pariwisata 2020 dengan melibatkan masyarakat. Melalui pemberdayaan bumdes dan pokdarwis sebagai bagian dari konsep pariwisata berbasis masyarakat.

"Program pariwisata pada 2020 nanti kami titik beratkan atau prioritaskan pada keterlibatan masyarakat. Karena penekanannya pada pariwisata berbasis masyarakat. Peran utamanya di sini adalah kelompok sadar wisata (Pokdawis). Artinya segala model pembangunan pariwata harus menyasari dan berdampak pada masyarakat itu sendiri," kata Apolonia Korebima.

Saat ini ada 10 pokdarwis yang telah dibentuk untuk meningkatkan potensi wisata di daerah masing-masing. Setiap pokdarwis ini kami arahkan untuk bersinergi atau berada di bawah bumdes agar pemberdayaan bumdes dapat dilakuakntermasuk di bidang pariwisata.

Bumdes melalui pokdarwis dapat membangun potensi wisata baik wisata alam, maunpun wisata budaya di daerah masing-masing secara mandiri.

"Sehingga target kami tahun 2020 nanti dibentuk lagi 10 pokdarwis. Sehingga ada 20 pokdarwis yang nanti akan diberdayakan melalui bumdes," kata Apolonia.

baca juga: Tenggelam Usai Ikut Pesta Ultah Temannya

Menurut Apolonia, Kabupaten Flotim memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa dalam tiga jenis wisata yaitu wisata alam, wisata budaya, dan yang menjadi primadona di Flotim sejak dahulu yaitu wisata religi Samana Santa? yang sudah mendunia. Dengan melibatkan masyarakat melaui  peran pokdarwis dan peran bumdes, diharapkan mampu meningkatakn geliat wisata di desa masing-masing. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More