Sabtu 07 Desember 2019, 17:00 WIB

Kemenpora RI Terus Mendorong Pemuda agar Kreatif

Depi Gunawan | Humaniora
Kemenpora RI Terus Mendorong Pemuda agar Kreatif

MI/Depi Gunawan
Asdep Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI, Djunaidi (tengah) meninjau salah satu karya yang ditampilkan saat Festival Pemuda Cimahi.

 

Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) RI bersama Pemkot Cimahi mendorong para pemuda agar lebih kreatif. Salah satunya melalui kegiatan Festival Pemuda Kreatif yang digelar di Lapangan Pemkot Cimahi, Sabtu (7/12).

Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI, Djunaidi menerangkan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya membangun semangat para pemuda agar memiliki atensi besar dalam meningkatkan wawasan ekonomi kreatif.

"Selain memberikan motivasi, diharapkan ke depannya ada sinergi lebih untuk mendorong pemerintah daerah agar bisa memfasilitasi anak-anak muda lokal melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga," kata Djunaidi.

Dalam acara Festival Pemuda Kreatif ini, dipamerkan karya-karya anak muda seperti kriya, grafika, fesyen, film, musik, Kuliner, IT dan lainnya. Djunaidi pun sempat memuji hasil karya anak-anak muda ini.

"Saya tadi melihat ada produk bagus di pameran ini, yaitu robotik dari mahasiswa salah satu perguruan tinggi. Saya kira robotnya bisa ditampilkan di festival atau lomba internasional," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Djunaidi mengharapkan, bisa terbentuk watak atau karakter creativity pemuda. Menurutnya, untuk menumbuhkan kreativitas diawali dari keluarga, baru diperkuat di lingkungan, sekolah hingga perguruan tinggi.

Selain di Cimahi, Kemenpora telah melakukan kegiatan serupa di beberapa daerah lainnya di antaranya Gorontalo, Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Tangerang, Kupang hingga Timika. "Masih terbatas baru di sejumlah daerah, mudah mudahan ke depan bisa lebih banyak lagi," paparnya.

Sementara itu, Sekda Kota Cimahi, Dikdik S Nugrahawan mengungkapkan, pihaknya sedang berupaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, salah satunya di sektor ekonomi kreatif.

"Kita bercita-cita menciptakan generasi muda Cimahi yang unggul yang siap bersaing. Jadi kegiatan ini harus benar-benar dimanfaatkan, harus diapresiasi," ungkapnya.

Untuk mendorong peningkatan kualitas SDM, pihaknya telah mendirikan Cimahi Techno Park (CTP) sebagai wadah untuk mendorong pemuda dalam meningkatkan kreatifitas, khususnya di sektor teknologi informasi.

"Belum lagi membicarakan apa yang kami lakukan di tingkat sekolah. Jadi ini semua kami lakukan agar memberikan manfaat positif untuk mempersiapkan generasi yang hebat," jelasnya. (DG/OL-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More