Sabtu 07 Desember 2019, 11:30 WIB

Pemkab Garut Targetkan Penyerapan APBD 2019 Capai 96%

Kristiadi | Nusantara
Pemkab Garut Targetkan Penyerapan APBD 2019 Capai 96%

MI/Bayu Anggoro
Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Garut

 

MESKI realisasi serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabuoaten Garut, Jawa Barat masih berada di kisaran 70% pada November, Pemkab Garut optimistis serapan APBD bisa mencapai 96% di akhir tahun nanti atau mencapai Rp4,6 triliun.

Bupati Garut Rudy Gunawam mengatakan, Di awal bulan Desember, terjadi lonjakan kenaikan serapan anggaran hingga 82%, sehingga ia optimistis target 96% serapan anggaran tercapai.

"APBD pemerintah Kabupaten Garut selama tahun 2019 hingga November baru terserap sebesar 82%, ada peningkatan dari bulan sebelumnya yang baru terserap 70%. Akan tetapi, serapan anggaran sekarang telah mengalami peningkatan tajam dan kemungkinan sekarang ini sudah mencapai 85%," katanya, Sabtu (7/12).

Rudy mengungkapkan, pemerintah Kabupaten Garut selama ini mendapatkan dana bantuan dari Pemerintah Provinsi Jabar hampir Rp500 miliar dan baru terealisasi sebesar Rp80 miliar. Penggunaannya akan dimaksimalkan di berbagai sektor supaya nantinya bisa terserap sampai 96% di akhir tahun

Baca juga : Ibu Rumah Tangga Rawan Terpapar Radikalisme

Sisa anggaran yang tak terserap, kata Rudy akibat dari gagalnya proses lelang di Pemkab Garut.

"Yang tidak terserap karena ada proses lelang gagal dan anggaran tidak terserap kedepan itu akan dialokasikan kembali kepada yang tidak terserap tahun awal 2020. Karena, bagi yang gagal selama ini saja tidak memenuhi syarat, tapi anggaran itu bisa diluncurkan pada tahun depan supaya pembangunan di Garut semakin merata," ujarnya.

Gagalnya proses lelang, lanjut Rudy lebih disebabkan karena keterlambatan penerimaan uang dari pemerintah pusat maupun Pemprov Jabar ke kas daerah melaluai Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Banprov.

"Mega proyek besar yang direncanakan hingga tidak terserap bersumber dari anggaran 2019 berasal dari dana APBN melalui DAK senilai Rp10 miliar, APBD Provinsi Jabar Rp40 miliar dan APBD Kabupaten Garut Rp15 miliar. Akan tetapi, anggaran itu nantinya masuk kembali pada perencanaan tahun 2020 mendatang dan ada serapan yang gagal bersumber dari bantuan provinsi (Banprov) di tahun 2019 ini sebesar Rp25 miliar untuk pengembangan objek wisata Situ Bagendit, yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut," paparnya. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/NOVRIAN ARBI

Pemprov Jabar Siapkan Protokol Kesehatan di setiap Entitas

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 27 Mei 2020, 16:52 WIB
"Kita harus mulai menyusun protokol kesehatan di masing-masing kegiatan masyarakat seperti sekolah, perkantoran, industri, dan...
DOK Kabupaten Tabanan

Bupati Tabanan Borong 10 Ton Sayur Hasil Panen Warga

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 27 Mei 2020, 16:43 WIB
"Di desa ini saja ada 87 petani yang menghasilkan 80 ton sayur hijau siap panen, saya membeli 10 ton sayur tersebut dengan uang...
MI/HARYANTO MEGA

Ganjar Kontrol Persiapan Penerapan Normal Baru

👤Haryanto Mega 🕔Rabu 27 Mei 2020, 16:42 WIB
Karena kondisi belum pasti, pembatasan peribadatan diperpanjang mulai 1 Juni sampai batas waktu yang belum...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya