Sabtu 07 Desember 2019, 07:30 WIB

Skuad Merah Putih kian Percaya Diri

Budi Ernanto Laporan dari Filipina | Sepak Bola
Skuad Merah Putih kian Percaya Diri

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Pelatih timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri (keempat kiri) memberikan arahan saat latihan timnas U-23 Indonesia.

 

BERBEKAL penampilan cukup meyakinkan di babak penyisihan, skuad 'Garuda Muda' siap menghajar Myanmar pada semifinal SEA Games Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, hari ini.

Pelatih timnas Indonesia, Indra Sjafri, menegaskan pasukannya telah mematahkan keraguan banyak pihak. Mereka berhasil lolos dari Grup B yang merupakan grup neraka meski hanya menjadi runner-up. Dari lima laga, Andy Setyo Nugroho dan kawan-kawan hanya sekali kalah dari juara grup, Vietnam. Produktivitas skuad 'Merah Putih' juga sangat meyakinkan, yakni memasukkan 17 gol dan cuma dua kali kebobolan.

Fakta itulah yang membuat Indra percaya diri tim asuhannya mampu mengatasi Myanmar. "Semua tim tidak bisa dipandang remeh, contohnya Kamboja yang membuat kejutan (lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup A). Namun, saya yakin statistik kami akan berlanjut," tandasnya, kemarin.

Indra meminta pasukannya fokus menghadapi Myanmar karena tidak ada kesempatan lagi untuk memperbaiki diri jika membuat kesalahan di semifinal. Dia telah mengantisipasi bila pertarungan harus diakhiri dengan tos-tosan.

Dalam latihan kemarin Indra memberikan porsi khusus kepada pemain untuk mematangkan kemampuan mengeksekusi. Bahkan, nama-nama eksekutor sudah disiapkan jauh-jauh hari. "Sejak dari Jakarta."

Andy Setyo menambahkan, kemenangan 4-0 atas Laos di partai terakhir penyisihan menjadi modal positif untuk melenggang sejauh mungkin. "Myanmar saya tak banyak tahu. Yang jelas kami semua siap untuk pertandingan melawan Myanmar."

Di kubu Myanmar, pelatih Velizar Popov mengakui Indonesia lebih sulit untuk dikalahkan. "Kami mesti bermain pintar dan cerdas secara taktik karena Indonesia sangat berbahaya. Mereka memainkan bola dengan baik," ujarnya.

Secara khusus, Popov memberikan perhatian kepada striker 'Garuda Muda' Osvaldo Haay yang telah mencetak tujuh gol. (X-8)          

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More