Sabtu 07 Desember 2019, 07:20 WIB

Reformasi Total Garuda

Faustinus Nua | Ekonomi
Reformasi Total Garuda

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Sejumlah karangan bunga terpampang di lobby depan Gedung Kementrian BUMN di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

 

SEKITAR 12 karangan bunga menghiasi halaman depan Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara di Jl Medan Merdeka Selatan No 13, Jakarta Selatan, kemarin.

Sejumlah organisasi atau asosiasi penerbangan, juga  asosiasi yang berada di lingkungan PT Garuda Indonesia (persero) Tbk, mengirim karangan bunga sebagai bentuk apresiasi dan dukungan atas langkah tegas Menteri BUMN Erick Thohir yang mencopot Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Akshara alias Ari Askhara, Kamis (5/12).

'Terima kasih Pak Erick Thohir (Menteri BUMN) dan Ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) dan Bea Cukai yang sudah menyelamatkan Garuda dari pimpinan yang tidak punya integritas', demikian tulisan di karangan bunga dari Yayasan Awak Kabin Indonesia.

Menteri BUMN Erick Tohir mencopot Ari Askhara dari jabatan Dirut Garuda karena diduga menjadi dalang penyelundupan Harley Davidson dalam kondisi terurai dan dua sepeda Brompton via armada baru Garuda Airbus A330-900 Neo. Barang ilegal itu diterbangkan dari Toulouse, Prancis, ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada 17 November.

Dalam kasus penyelundupan itu negara dirugikan Rp1,5 miliar.

Tim Riset MI

 

Tidak main-main

Presiden Joko Widodo pun mendukung sepenuhnya langkah yang diambil Menteri BUMN Erick Tohir. "Itu sudah tegas banget. Menteri BUMN sudah tegas sekali. Itu pesan untuk semua, jangan main main," kata Jokowi seusai meresmikan ruas tol Kunciran-Serpong di Tangerang Selatan, Banten, kemarin.

Menteri Erick menduga kasus penyelundupan itu sistematis. "Kalau mereka (pejabat Garuda) iktikadnya memang tidak baik, ya ganti total. Indonesia punya banyak figur bagus," ujarnya di Tangerang Selatan, Banten, kemarin.

Menurutnya, pada Sabtu (7/12) pihaknya akan menggelar rapat dengan Dewan Komisaris Garuda untuk menyelidiki oknum lain yang diduga terlibat kasus penyelundupan itu.

"Dirutnya kerja sama dengan orang-orang di bawahnya. Jadi, bukan tindakan individu. Bahkan pesawatnya, yang notabene keuangan negara, itu dipakai buat menyelun-dupkan kemudian dimasukkan ke hanggar. Itu kan sudah skenario. Ini memang tindak-an kriminal," jelas dia.

VP Corsec Garuda Indonesia Ikhsan Rosan membantah Ari Askhara menolak mundur dari jabatan sebagaimana video yang beredar. "Beliau sudah menerima keputusan dan sudah serah terima jabat-an," terang Ikhsan, kemarin.

Dewan Komisaris Garuda, kata dia, melalui surat keputusan tertanggal 5 Desember 2019 menetapkan Fuad Rizal sebagai Plt Dirut Garuda. Fuad ialah Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda.

Serikat Pekerja Garuda Indonesia dan Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Ikagi) mendorong Kementerian BUMN melakukan reformasi menyeluruh pada jajaran manajemen perseroan. Hal itu mengingat bobroknya manajemen dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik.

"Ini memang harus ada reformasi total, bukan hanya soal memilih dirut," kata Ketua Ikagi, Zainal Muttaqin, kemarin. (Pra/Dro/Ths/Fer/X-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More