Sabtu 07 Desember 2019, 00:06 WIB

Bawa Tiga Tim, Pertamina Innovation Raih Grand Prize di SIIF 2019

mediaindonesia.com | Ekonomi
Bawa Tiga Tim, Pertamina Innovation Raih Grand Prize di SIIF 2019

Dok. Pertamina
penghargaan untuk tim Pertamina Innovation di SIIF 2019

 

TIM Pertamina Innovation sukses mencetak sejarah di ajang Seoul Intenatioal Invention fair 2019. Hal itu karena untuk pertama kalinya dalam tiga kali ikut serta di SIIF, Pertamina Innovation meraih hadiah utama.

Di ajang yang berlangsung di Ibu Kota Korea Selatan 27-30 November 2019 itu, Pertamina Innovation menurunkan tiga tim yang menghasilkan sejumlah inovasi berbeda yang ditampilkan disana.

Tim Vitamin yang beranggotakan Arii Bowo Yudhaprasetya, Arie Nugroho, Achmad Mohan Sifai, Awang Lazuardi, dan Benny Nuryadi, menampilkan inovasi lewat temuan Metode Deteksi dini kavitasi pada pompa dengan menggunakan pemodelan matematis polinomial tingkat tinggi.

"Metode deteksi kavitasi dini ini telah di aplikasikan pada pompa sentrifugal untuk mengalirkan minyak bumi dan bisa diaplikasikan juga di seluruh industri yang menggunkan pompa," tulis PT. Pertamina dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/12).

Metode tim Vitamin meraih penghargaan medali emas dan juga special award dari GCC Patent Office serta Korea Chamber of Commerce and Industry (Kadin Korsel).

Baca juga : BTP Fasilitasi Badan Pajak DKI dengan Pertamina

Tim kedua yang diturunkan Pertamina ialah TPGK (Tempat Piknik Gunung Kidul) yang beranggotakan Astri Pujianto, Herman Ratnofianto, Bastian Wismana, Jonathan Yanuardi, Teguh Triyanto, Handoyo Ogy Dwi Putra, Heru Riswanto, dan Bram Ispriadi Yuliantoro,

Tim itu menemukan sebuah metode pencegahan kerak (Scale) pada pipa disurface maupun subsurface menggunakan alat Scale BUM (Breaker Ultimate Machine) dengan pemanfaatan special material yang bereaksi secara elektrokimia mengikat ion pembentuk scale.

"Scale BUM telah diaplikasikan di beberpa lapangan Pertamina EP dan juga perusahaan minyak lainnya. Pemanfaatan Scale BUM tidak terbatas pada industri Migas, tetapi juga industri lain yang memiliki masalah yang sama pada pipa alir," kata Pertamina.

Temuan tim TPGK berhasil meraih penghargaan Medali emas, Special Prize International Federation of Inventors Association (IFIA), dan juga special award dari Taiwan Invention Association.

Tim terakhir yang diturunkan Pertamina ialah tim Alpuket dengan anggota Hari Purnomo, Sutomo Guntoro Kasdam, Rolin Sumali Rohadi, Aji Maulana Akbar, Gama Kusuma Prawira Sakti, dan Indra Perkasa.

Baca juga : Kilang Tuban untuk Tekan Impor dan Serap Tenaga Kerja

Tim itu membuat produk yang dinamakan Alpuket 3.0 yang merupakaan alat pendeteksi kebocoran pada jalur uap mobil tangki. Dengan menggunakan media angin kompressor, alpuket 3.0 menjelma jadi alat yang menentukan standar mobil tangki volume 1 pertamina.

Hingga saat ini, alat tersebut telah diaplikasikan di Integrated Terminal Jakarta, Fuel Terminal Plumpang, Pertamina Jakarta.

Temuan itu berhasil meraih Grand Prize dan juga special award dari Taiwan.

Kegiatan SIIF 2019 merupakan acara pameran inovasi terbesar di Asia yang di selenggarakan oleh Korea Invention Promotion Association (KIPA) dan Intellectual Property Office (KIPO). pameran itu menampilkan 6300 penemuan dari 25 negara. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara/Muhammad Ibnu Chazar

Proyek Pelabuhan Patimban Dipastikan tak Ganggu Aktivitas Nelayan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 17:54 WIB
Pembangunan pelabuhan tersebut, katanya, juga bakal fokus pada aspek sosial. Yakni, dampak dari pembangunan pelabuhan ini terhadap mata...
MI/Djoko Sardjono

6,9 Juta Ton Pupuk Subsidi sudah Terdistribusi ke Tangan Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 17:36 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan distribusi pupuk subsidi akan terus dilakukan dan dikawal. Kementan juga memperbaiki...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

Pengamat : Tidak Tepat Naikkan Tarif Tol di Tengah Pandemi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 31 Oktober 2020, 13:25 WIB
Jasa Marga berencana memberlakukan penyesuaian tarif Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) I dan Akses Tanjung...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya