Jumat 06 Desember 2019, 21:54 WIB

Mahasiswa Ajak Peserta Didik untuk Peduli Lingkungan

mediaindonesia.com | Humaniora
Mahasiswa Ajak Peserta Didik untuk Peduli Lingkungan

Istimewa
Sekelompok mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta Program Studi Public Relations 2016 menjalankan program Kuliah Peduli Negeri.

 

TERGABUNG dalam Gerakan Peduli Lingkungan, sekelompok mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta Program Studi Public Relations 2016 menjalankan program dalam bentuk Kuliah Peduli Negeri di salah satu Sekolah Menengah Pertama di daerah Tangerang Selatan.

Dalam program Kuliah Peduli Negeri, para mahasiswa UMB dilaksanakan dua kegiatan. Kegiatan pertama, pengelolaan sampah lalu kegiatan kedua yaitu gerakan Menanam Pohon Bersama. Program itu dilaksanakan di MTs. Ishlahuddiniyyah, Jurang Mangu Timur Tangerang Selatan pada  23 November 2019.

Kegiatan pengelolaan sampah dimulai dengan melakukan sosialiasi mengenai sampah dan bagaimana memulai untuk mempraktikan gaya hidup minim sampah.

Kemudian dilanjutkan workshop dengan melibatkan  peserta didik dalam salah satu proses 4R (Reuse,Reduce,Recycle,Replace) yaitu me-recycle botol plastic dan kardus bekas.

Selanjutnya, kegiatan kedua adalah aksi menanam pohon bersama yang diawali dengan penyampaian materi mengenai pentingnya pohon untuk kehidupan.

Setelah kegiatan tanam pohon dilanjutkan dengan workshop agar peserta didik merasakan dan mengerti bagaimana proses menanam dan merawat tanaman yang baik dan benar. 

“Kegiatan pengelolaan sampah bertujuan untuk meningkatkan awareness peserta didik terhadap pentingnya mengelola sampah dengan baik dan benar," ujar Leony Young, mahasiswi Juusan Public Relations UMB.

"Selain itu menerapkan gaya hidup minim sampah menjadi hal yang dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh karena itu kami ingin mengedukasi adik-adik disini mengenai zero waste lifestyle,” jelas Leony..

“Serta kegiatan menanam pohon bersama bertujuan untuk mengajarkan peserta didik betapa bermanfaatnya pohon dalam kehidupan serta memberikan pengalaman peserta didik bagaimana cara menanam sampai merawat pohon tersebut," tutur Ias Dirga, mahasiswi Public Relations UMB.

Menurut Ias, dengan dilakukannya Gerakan Peduli Lingkungan diharapkan dapat meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekolah dan sekitar dimulai dari hal yang kecil yaitu membuang sampah sesuai dengan jenisnya serta menyayangi pohon. (RO/OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More