Jumat 06 Desember 2019, 20:32 WIB

Tersangka Suap Meikarta Minta Perlindungan Presiden Jokowi

Adin Azhar | Politik dan Hukum
Tersangka Suap Meikarta Minta Perlindungan Presiden Jokowi

MI/Susanto
Eks Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Bartholomeus Toto

 

Presiden Direktur PT Lippo Cikarang yang menjadi tersangka suap pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Bartholomeus Toto (BTO), meminta perlindungan Presiden Joko Widodo.

"Saya sebagai anak bangsa, saya memohon perlindungan Pak Jokowi terhadap kesewenang-wenangan yang saya alami," kata Toto usai diperiksa di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Jumat (6/12).

Dia menuding KPK telah zalim dan meminta Ketua KPK 2019-2023 Firli Bahuri akan lebih bijak memimpin. "Sehingga tak ada lagi rekayasa-rekayasa yang seperti saya alami saat ini," kata Toto.

Dia berterima kasih pada Polrestabes Bandung yang telah menangani laporan atas anak buahnya, Edy Dwi Soesianto. Polrestabes Bandung meningkatkan status penyelidikan menjadi penyidikan atas laporan itu.

"Saya mengetuk hati nurani jaksa dan hakim agar menangani kasus saya seadil-adilnya dan sebener-benarnya," ujar Toto.

Toto merasa difitnah Kepala Divisi Land and Ackuisition PT Lippo Group Edi Dwi Soesianto. Karena dalam persidangan, Edi menyebut Toto menerima uang Rp10,5 miliar dari sekretaris Toto, Melda Peni Lestari.

KPK telah menetapkan Toto sebagai tersangka izin proyek pembangunan Meikarta sejak 29 Juli 2019. Toto memang sejak awal membantah memberikan Rp10,5 miliar untuk izin pembangunan kawasan Meikarta, kepada Bupati Bekasi saat itu Neneng Hassanah Yasin.

Adapun KPK telah memperpanjang penahanan Toto "Hari ini, dilakukan perpanjangan penahanan selama 40 hari ke depan untuk tersangka BTO, swasta dalam perkara dugaan suap terkait perizinan proyek Meikarta. Penahanan diperpanjang terhitung sejak 10 Desember 2019," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

KPK telah menahan Toto sejak 20 November 2019. (X-15)

Baca juga: Sejumlah Anggota DPRD Bekasi Kembalikan Uang Suap Meikarta

Baca juga: Tersangka Kasus Meikarta Laporkan Bekas Anak Buah terkait Fitnah

Baca juga: KPK Panggil Dua Saksi dalam Kasus Suap Meikarta

 

Baca Juga

Antara

Hadiah Sepeda kepada KSP Dicatat jadi Barang Milik Negara

👤Antara 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 18:54 WIB
Awalnya disebutkan dalam rilis KSP bahwa 15 sepeda itu ditujukan untuk Presiden Joko Widodo, namun KSP kemudian meralat pernyataan...
MI/Susanto

KPK Tangkap Pemberi Suap Nurhadi

👤 Tri Subarkah 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 18:33 WIB
Ali mengatakan bahwa saat ini Hiendra sudah berada di Kantor KPK. Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (PT MIT) itu masih diperiksa oleh...
MI/ADAM DWI

Wapres: Medsos Bikin Masyarakat Sulit Percaya Pemimpin Bangsa

👤Antara 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:06 WIB
Di tengah kemajuan teknologi informasi saat ini, masyarakat seolah-olah sulit menaruh kepercayaan kepada pemimpin bangsa, kata...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya