Jumat 06 Desember 2019, 20:30 WIB

Tertarik Memutihkan Gigi? Hati-hati Risiko Ini

Suryani Wandari | Weekend
Tertarik Memutihkan Gigi? Hati-hati Risiko Ini

Unsplash/ Kassidy Sherburne
Banyak orang tertarik memutihkan gigi yang sekarang tren. Namun prosedur yang tidak benar memiliki risiko membuat gusi terbakar.

PENGALAMAN mengerikan akibat prosedur pemutihan gigi dialami Aoife Wills. Seperti dilansir Daily Mail, baru-baru ini, ibu asal Monaghan, Irlandia mengalami kerusakan gigi permanen.

Wills membagikan kisahnya melalui akun Facebook pribadinya. Ia menggunggah foto gigi yang kekuningan dan gusi yang berwarna hitam di bagian depan.

"Ini peringatan bagi semua orang! Pada hari Sabtu saya pergi ke salon kecantikan di Monaghan untuk memutihkan gigi saya, saya menaruh kepercayaan pada orang-orang ini untuk melakukan pekerjaan mereka dengan benar. Namun sekarang saya ditinggalkan dengan gusi saya terbakar sangat parah dan rasa sakit yang serius! Saya harus pergi ke dokter gigi hari ini untuk memeriksakannya dan mendapatkan sinar-X. Untungnya gigi saya tidak rusak, saya masih beruntung," tulisnya.

Wills mengaku tertarik dengan pemutihan gigi yang belakangan tren. Ia kemudian memutuskan melakukannya di sebuah salon kecantikan. Namun salon itu tidak memakaikannya gel pelindung. Kini nasi terlanjur jadi bubur. Wills yang tetap mengikuti prosedur itu menderita gusi yang terbakar.

"Mereka belum tahu bagaimana gusi saya akan sembuh setelah ini. Dokter gigi menjelaskan bahwa harus ada gel pelindung yang diletakkan pada gusi sebelum prosedur pemutihan itu dilakukan," lanjutnya.

Pemutihan gigi merupakan prosedur yang dilakukan dengan menggunakan bubuk pemutih atau gel untuk memutihkan enamel gigi ke beberapa tingkat. Menurut situs web NHs, pemutihan gigi adalah bentuk kedokteran gigi yang hanya boleh dilakukan oleh profesional yang berkualifikasi.

Jika dilakukan di salon kecantikan oleh staf yang tidak terlatih dan tidak sertifikat adalah hal ilegal. Salah satu risiko yang kerap terjadi adalah akibat pemasangan pelindung mulut yang tidak pas. Hasilnya, gel pemutih dapat bocor ke gusi dan bagian lainnya sehingga melepuh. Ini juga dapat mengubah warna kulit karena jaringan lunak rusak oleh zat pemutih dan bahan kimia dalam produk.

"Serius siapapun yang ingin memutihkan gigi silahkan pergi ke dokter gigi dan menyelesaikannya dengan benar!" tutup Wills sambari menyesal.
Postingan Wills itu pun telah dibagikan lebih dari 2 ribu kali dan disambut dengan simpati dan kemarahan warganet. (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More