Sabtu 07 Desember 2019, 00:25 WIB

Urban Fest Dongkrak Daihatsu

Faustinus Nua | Ekonomi
Urban Fest Dongkrak Daihatsu

Ist
Daihatsu Urban Fest 2019

 

DAIHATSU Urban Fest 2019, kegiatan hiburan yang digelar Daihatsu di lima kota untuk kaum milenial ternyata efektif meningkatkan penjualan. Padahal, kegiatan yang digelar di lima kota itu sebenarnya menyasar pada penguatan brand image Daihatsu untuk kaum muda.

“Kami tidak menyangka, ternyata di program Urban Fest ini pemesanan kendaraan Daihatsu juga tinggi. Seperti saat kami gelar di Bandung, pemesanan mencapai 150 unit, padahal kami tidak memasang target penjualan,” ujar Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso saat mengumumkan 27 pemenang Daihatsu Setia di acara Daihatsu Urban Fest di Kota Kasablanka, Jumat (6/12).

Ia menjelaskan, Urban Fest merupakan aktivitas hiburan dengan tema kekinian yang diadakan untuk memberikan spirit milenial dalam mengekspresikan jiwanya.

Sepanjang tahun ini, Daihatsu Urban Fest digelar di lima kota yakni di Yogyakarta, Makassar, Bandung, Surabaya, dan Jakarta.

Menurut Hendrayadi, Daihatsu memang terus mendekatkan diri ke kaum milenial. Upaya membidik kaum milenial memang sebuah keniscayaan, karena mereka calon konsumen potensial karena itu perlu mengenal dekat brand Daihatsu.

Saat ini, tren penjualan Daihatsu tiap bulannya terus meningkat. Pangsa pasar Daihatsu juga terus menguat.

Berdasarkan catatan, pada Oktober 2019 lalu, pangsa pasar Daihatsu naik menjadi 17,6% dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 15,9%.

Pada Oktober 2019, Daihatsu mencatat penjualan ritel 15.578 unit. Jumlah itu naik 18,8% dari September yang tercatat 13.112 unit.

Sepanjang Oktober itu, kontribusi Daihatsu terbesar diperoleh Sigra dengan pencapaian 4.436 unit atau berkontribusi sebesar 28,5%. Setelah itu ada Gran Max (PU) dengan penjualan 3.336 unit (21,4%), dan Terios sebanyak 2.075 unit (13,3%). Lalu, Ayla, GranMax (MB), dan Xenia berada di angka 1.600 unit hingga 1.900-an unit dengan kontribusi 10-12%.

“Dengan pencapaian ini, kami tetap optimistis target pangsa pasar sebesar 17 % hingga akhir tahun bisa tercapai. Apalagi, posisi di November 2019, pangsa pasar kami sudah 17,1%,” ujar Hendrayadi.


Daihatsu Setia

Pada kesempatan itu, Hendrayadi menjelaskan, tahun ini format program Daihatsu Setia berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Program itu kini diberikan untuk pemilik setia Daihatsu, yaitu yang berganti-ganti mobil, tetapi tetap dengan merek Daihatsu.

Head Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rudy Ardiman menjelaskan, program Daihatsu Setia dimulai sejak 2014 yang bertajuk Xenia Setia karena khusus diberikan kepada pemilik Daihatsu Xenia.

Tiap tahun itu, jumlah peminat terus meningkat dari 1.400 peserta hingga tembus 100 ribu partisipan  “Tahun 2019 ini menggunakan konsep baru. Dari 105.339 partisipan, terpilih 27 pemenang,” ujar dia.

Salah satu pemenang asal Medan, Syamsunnihar Hasibuan mengaku terkejut saat terpilih menjadi pemenang. “Awalnya saya pikir ini penipuan, ternyata benar. Pihak Daihatsu datang menemui saya,” ujar PNS di Dinas Kesehatan Kota Medan ini.

Ia mengisahkan, sebelumnya ia mendapat SMS untuk mengikuti program itu dengan cara mengirimkan testimoni selama memiliki mobil Daihatsu. Ia mengaku sudah berkali-kali mengganti mobilnya, dan selalu dengan merek Daihatsu.  Nihar menceritakan kisah uniknya saat membantu kelahiran seorang pasien di mobil Daihatsu Xenia miliknya. Saat itu, tahun 2011, ada seorang ibu yang akan ia antar ke rumah sakit untuk menjalani persalinan. Ternyata, di perjalanan, kepala sang bayi sudah muncul dan harus segera dilakukan tindakan persalinan. (RO/E-3)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Pengusaha Keluhkan Masih Tingginya Bunga Kredit

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 25 November 2020, 17:55 WIB
Apindo menyarankan, bunga kredit bank segera diturunkan agar dunia usaha nasional bisa segera masuk rantai pasok...
Antara/Aditya Pradana

Jumlah Penumpang Libur Nataru Diprediksi Turun Tajam

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 25 November 2020, 17:21 WIB
Kemenhub memperkirakan hampir semua moda transportasi mengalami penurunan jumlah penumpang. Terkecuali, jasa penyeberangan kapal...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Wapres: Keamanan Layanan Digital Jadi Penentu Masa Depan Fintech

👤Emir Chairullah 🕔Rabu 25 November 2020, 17:20 WIB
Dalam empat tahun terakhir, terdapat 500 penyelenggara fintech dalam berbagai bentuk dan layanan dibandingkan pada 2016 yang saat itu hanya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya