Jumat 06 Desember 2019, 23:00 WIB

Identitas Penunggak Pajak Mobil Diblokir

Identitas Penunggak Pajak Mobil Diblokir

ANTARA
Identitas Penunggak Pajak Mobil Diblokir

 

BADAN Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta terus mengupayakan penagihan pajak. Salah satunya dengan memblokir identitas pemilik mobil yang pajaknya tertunggak.

Humas BPRD DKI Jakarta Mulyo Sasongko menyebutkan tujuan pemblokiran identitas mobil itu, dilakukan karena banyak pemilik asli mobil yang menggunakan KTP orang lain untuk membeli mobil untuk menghindari pajak.

Dampaknya, banyak warga yang sesungguhnya tidak mampu dan harusnya menerima program subsidi dari Pemprov DKI tidak bisa mendapatkan program itu karena tercantum memiliki aset roda empat. Dengan pemblokiran itu diharapkan warga yang tidak mampu dan KTP-nya dicatut tersebut bisa mengurus kembali program subsidi lainnya seperti KJP.

“Memang secara tidak langsung merugikan pemegang KJP dan buat kami di BPRD ketika ada data seperti ini kita akan coba kejar. Secara motif kita mungkin belum paham tapi paling enggak dari sisi potensi pajak kita mengharapkan ada sisi penerimaan dari progresifnya sih,” ungkap Mulyo di DPRD DKI Jakarta, Jumat (6/12).

Dengan metode ini, pihaknya yakin efektif untuk memancing pemilik asli mobil muncul. Untuk kemudian datang ke kantor pajak terdekat guna membayar tunggakan pajak kendaraan mewahnya.

Sebab, dengan pemblokiran tersebut, otomatis mobil mewah yang dimiliki akan menjadi mobil bodong karena STNK sudah tidak berlaku lagi.
“Dia jadi seperti mobil baru lagi, harus balik nama dan registrasi kendaraan lagi. Jadi mobil bodong,” tukasnya.

Di sisi lain pihaknya sudah melakukan upaya-upaya persuasif untuk menjangkau para penunggak pajak kendaraan mewah tersebit. “Kita kirim surat pemberitahuan suratnya kan kembali tuh karena alamatnya nggak akurat. Nah, itulah dasar kita ketika ada surat pemberitahuan dan tidak ada tanggapan baru nanti setelah itu kita akan laksanakan penempelan stiker,” tutur Mulyo.

Di sisi lain sudah ada 336 kendaraan mewah yang menunggak pajak diblokir oleh BPRD DKI. Paling banyak merek kendaraan yang menunggak yakni Mercedes-Benz sebanyak 106 unit diikuti ole Porsche 46 unit, BMW 33 unit, dan Lamborghini 51 unit.(Put/Ssr/J-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More