Jumat 06 Desember 2019, 19:03 WIB

Tol Kunciran-Serpong akan Pacu Konektivitas dan Daya Saing

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Tol Kunciran-Serpong akan Pacu Konektivitas dan Daya Saing

Antara/Muhammad Iqbal
Ruas tol Kunciran -Serpong yang jadi bagian dari TOL JORR 2

 

PRESIDEN Joko Widodo, Jumat (6/12) sore, meresmikan Ruas Tol Kunciran-Serpong yang menjadi jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Peresmian dilaksanakan di Gerbang Tol Parigi, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten dan dihadiri pula oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri KUKM Teten Masduki, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, serta Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Presiden mengatakan Tol JORR 2 akan mempercepat dan memperlancar konektivitas dari Jakarta menuju Banten dan juga sebaliknya.

Selama ini, dia mengaku banyak mendengar keluhan dari warga Banten yang bekerja di ibu kota dan harus pergi pulang menempuh kemacetan berjam-jam setiap hari.

"Mereka bilang bisa tua di jalan karena macet," ujar Jokowi usai meresmikan Ruas Kunciran-Serpong.

Baca juga : Tol Balsam Seksi 2-4 Diresmikan Sebelum Natal 2019

Konektivitas yang tidak lancar akhirnya menimbulkan kerugian, tidak hanya dari sisi materi, tapi juga waktu yang terbuang.

Semakin lama perjalanan, semakin banyak bahan bakar minyak yang harus dipakai. Jika dilihat dari sudut pandang industri, hal tersebut jelas menjadi beban biaya tambahan bagi perusahaan.

"Padahal, di era persaingan seperti sekarang, kita dituntut semakin cepat. Yang cepat akan mengalahkan yang lambat," tutur dia.

Dengan selesainya Tol Kunciran-Serpong, kawasan-kawasan industri yang ada di Jakarta dan Banten akan semakin terintegrasi. Distribusi logsitik pun akan lebih mudah dan lancar, terutama yang melalui pelabuhan Merak.

"Jalan tol ini akan menyambung sentra-sentra produksi dengan distribusi. Nanti semua akan semakin efisien. Artinya, daya saing kita akan semakin baik," ucap Jokowi.

Baca juga : Tilang Elektronik di Tol Berlaku Hari Ini

Saat ini, dari total enam ruas yang terbentang, baru Kunciran-Serpong yang sudah rampung seluruhnya.

Pembangunan ruas Cengkareng-Kunciran dan Serpong-Cinere diproyeksikan akan selesai Mei 2020.

Adapun, tiga ruas sisa yakni Cinere-Jagorawi, Cimanggis-Cibitung dan Cibitung-Cilincing ditargetkan beroperasi pada akhir 2020. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More