Jumat 06 Desember 2019, 11:58 WIB

DPR Tuding Garuda Banyak Hantu

Nur Azizah | Ekonomi
DPR Tuding Garuda Banyak Hantu

ANTARA/Hafidz Mubarak A
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan Harley Davidson yang diselundupkan lewat pesawat Garuda

 

KETUA Komisi VI DPR Faisol Reza menyebut perusahaan Garuda Indonesia banyak hantu. Ia menduga Dirut Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara sebagai salah satu hantu itu.

"Di Garuda banyak hantunya. Menghadapi hantu harus orang kuat. Persoalan yang muncul yang kita lihat sekarang ini kan bukan tidak mungkin sebagai bagian dari hantu-hantu itu," kata Faisol, Jumat (6/12).

Karena itu, Faisol meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencari pengganti Askhara yang lebih kuat. Dengan begitu, hantu-hantu yang dimaksud Faisol akan pergi.

"Garuda harus segera diatasi dengan menunjuk orang baru yang lebih tepat, lebih kuat dan lebih cepat," tegas dia.

Sementara itu, Wasekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengapresiasi tindakan Erick. Ia meminta Erick tetap bertindak tegas tanpa pandang bulu.

"Tindakan menteri BUMN mencopot yang bersangkutan kita apresiasi karena sebagai bagian dari langkah tegas, sekaligus good will penegakan aturan tanpa pandang bulu," pungkas dia.

Baca juga: Alvin Lie Sebut Kasus Garuda akibat Kecerobohan Individu

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir akan mencopot Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk | Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. Pencopotan dilakukan usai terungkap kasus penyelundupan motor Harley-Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus A330900 NEO.

Erick mengatakan pencopotan itu dilakukan usai mendapatkan kesaksian baru yang berasal dari dokumen komite audit dan komisaris. Dokumen menguatkan bukti bahwa motor Harley-Davidson tersebut adalah milik direktur utama Garuda Indonesia.

"Dengan itu, saya sebagai Kementerian BUMN, akan memberhentikan Dirut  Garuda," kata Erick Thohir di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12).

Erick menjelaskan Ashkara secara sistematis melakukan penyelundupan motor ini. la menginstruksikan seseorang untuk mencari motor Harley-Davidson klasik pada 2018 lalu.

Saat motor sudah didapat, pembayaran lantas dilakukan melalui transfer banking ke Finance Manager Garuda Indonesia di Amsterdam pada April 2019. (OL-2)

Baca Juga

MI/Rommy Pujianto

Laporan Keuangan BI Tahun 2019 Raih Opini WTP dari BPK

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 27 Mei 2020, 07:00 WIB
Opini WTP itu diketahui telah dicapai selama 17 tahun terakhir secara...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bursa Bergairah Sambut New Normal

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 27 Mei 2020, 06:20 WIB
Perlu ada redesain perekonomian Indonesia pasca-pandemi covid-19 ini berlalu dengan sektor pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan,...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Cegah Rugi, Harga BBM tidak Diturunkan

👤Ant/E-3 🕔Rabu 27 Mei 2020, 06:05 WIB
PT Pertamina memiliki sejumlah alasan tidak menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) di saat harga minyak dunia mengalami penurunan serta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya