Kamis 05 Desember 2019, 00:16 WIB

Jaga Perekonomian Domestik, Pemerintah Serap Semua Anggaran 2019

Faustinus Nua | Ekonomi
Jaga Perekonomian Domestik, Pemerintah Serap Semua Anggaran 2019

Antara
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara

 

WAKIL Menteri Keuangan RI Suahasil Nazara mengatakan di tengah situasi global yang tidak pasti dan perlambatan pertumbuhan ekonomi domestik akan mempengaruhi penerimaan negara yakni pajak. Menurutnya penerimaan pajak akan mengalami penurunan, sehingga pemerintah fokus menyelesaikan penyerapan anggaran 2019 di akhir tahun.

"Kalau penerimaannya shortfall kita talangi dengan belanja. Jaga lewat anggaran dengan menyerap anggran 2019 di akhir tahun ini. Kami melakukan strategi lewat efisiensi, lewat pengedalaian dan upaya-upaya lain," kata dia dalam acara Mandiri Market Outlook 2020, di Jakarta (4/12).

Dijelaskan bahwa Pemerintah harus menyelesaikan anggaran 2019. Hal itu untuk meningkatkan belanja dalam negeri karena perekonomian Indonesia sangat ditopang oleh pasar domestik.

"Kita nggak potong anggaran, karena bisa lebih turun lagi. Sebaliknya harus meningkatkan belanja domestik, sehingga meningkatkan juga optimisme pasar," imbuhnya.

Selain itu, pemerintah akan menggunakan berbagai strategi yang bisa menjaga anggaran dan pertumbuhan ekonomi domestik termasuk utang. Menurutnya utang itu dijadikan alat untuk menjaga belanja domestik bukan sebagai tujuan.

"Tujuan kita bukan untuk utang tapi menjaga momentum ekonomi. Itu sangat penting kita menjaga keseluruhan APBN peneromaan dan belanja," pungkasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More