Rabu 04 Desember 2019, 21:19 WIB

Baleg DPR Kurangi Target Prolegnas

Baleg DPR Kurangi Target Prolegnas

Antara
Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas

 

BADAN Legislasi (Baleg) DPR tidak ingin mengulang kesalahan periode sebelumnya yang hanya mengesahkan 90 RUU dari 189 yang masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2015-2019.

"Penyelesaian Prolegnas yang demikian membuat penilaian legislasi DPR sangat rendah, ini harus kita akui. Kinerja legislasi tersebut bukan semata-mata kesalahan DPR, ini menjadi tanggung jawab bersama DPR, pemerintah, dan DPD dalam penyusunan Prolegnas yang dilakukaan," kata Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas seusai Rapat Kerja (Raker) Baleg DPR bersama Menkum dan HAM di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (4/12).

Dia mengatakan, dalam penyusunan Prolegnas 2020, ada beberapa hal dipertimbangkan yaitu pertama RUU yang pada periode sebelumnya sudah masuk tahap pembicaraan tingkat satu terutama carry over periode sebelumnya.    

Kedua, menurut dia, RUU yang sudah siap naskah akademik dan draf. Ketiga, RUU yang masuk kriteria dan memenuhi urgensi.

Sehingga, lanjut dia, dari 451 usul telah ditetapkan 150 RUU menjadi Prolegnas dalam lima tahun ini.

Menurut dia, setiap komisi ditargetkan mengesahkan 2 RUU, Baleg DPR dua RUU, dan Panitia Khusus ada 3 RUU menjadi UU.

"Dari gambaran tersebut dapat dikatakan dalam 5 tahun dapat diselesaikan sebanyak 135 RUU. Dan untuk membuka ruang usulan RUU dari DPR, pemerintah, dan DPD RI, dalam 5 tahun target Prolegnas adalah 150 RUU," ujarnya. (X-15)

Baca juga: Revisi UU Pemilu dan RUU Perlindungan Ulama Jadi Prioritas

Baca juga: RUU PKS Dan RKUHP Masuk Prolegnas Prioritas 2020

Baca juga: DPR Sepakati 'Carry Over' Lima RUU, KUHP Termasuk

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More