Rabu 04 Desember 2019, 16:14 WIB

Dinas SDA DKI Jamin Tanggul Laut DKI Aman

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dinas SDA DKI Jamin Tanggul Laut DKI Aman

MI/ANDRI WIDIYANTO
Pekerja memasang bambu dan seng untuk menutupi tanggul NCICD yang jebol di Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (4/12).

 

KEPALA Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan tanggul laut National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang dikerjakan oleh DKI terpantau aman. 

Berkaca dari jebolnya tanggul laut yang dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) pada Selasa (3/12), Juaini menyebut pihaknya sudah melakukan pengecekan secara berkala.

"Yang dibangun DKI sejauh ini masih aman dan tidak ada gangguan. Semoga memang tidak ada apa-apa ke depan," ungkap Juaini saat dihubungi, Rabu (4/12).

Juaini menyebut dalam pembangunan tanggul ada pemancangan beton-beton turap hingga sedalam 30 meter sampai 40 meter ke bawah laut.

Pemancangan beton dilakukan sedalam itu ditujukan agar tiang beton ditancapkan hingga di lahan kedalaman yang stabil.

"Ya jadi harus sampai menyentuh permukaan yang keras dan stabil sehingga kuat menahan terjangan gelombang yang kuat," ungkapnya.

Baca juga: Tanggul NCICD di Muara Baru Jebol

Sementara itu, menanggapi jebolnya tanggul di Muara Baru, Jakarta Utara pihaknya mengatakan ada dugaan belum matangnya pemancangan tiang beton ditambah adanya gempuran cuaca.

"Ya bisa saja karena belum stabilnya pemancangan tanah dan juga ada faktor gelombang laut yang cukup kencang. Hal itu bisa saja terjadi," tandasnya.

Sementara itu, Juaini sudah mendapat laporan terkait jebolnya tanggul Muara Baru, Jakut itu dan dari pihak Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC).

"Mereka sudah laporan dan sudah ditutupi sengnya. Karena memang itu bahaya ya kalau ada warga mendekat bisa amblas," terangnya. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More