Rabu 04 Desember 2019, 15:28 WIB

Saleh Husin Yakin Prof Ari Mampu Bawa UI ke Peringkat 5 ASEAN

mediaindonesia.com | Humaniora
 

KETUA Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Saleh Husin yakin Rektor UI Ari Kuncoro mampu mengangkat peringkat UI lebih baik sebagai World Class University atau universitas berkelas dunia.

Saleh mengungkapkan hal tersebut kepada wartawan usai memimpin acara Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Rektor UI dari Prof Muhammad Anis kepada Prof Ari Kuncoro selaku Rektor UI baru Periode 2019–2024 di Gedung Balai Purnomo Universitas Indonesia, Kampus UI, Depok, Rabu (4/12).

"Selamat datang buat Prof Ari Kuncoro yang akan memimpin UI 5 tahun ke depan dengan tantangan sangat kompleks. Kami yakin Prof Ari akan mampu membawa UI menuju universitas yang sangat diperhitungkan minimal di kawasan ASEAN dan mampu meningkat menjadi nomor 5 dari sekarang rangking 9 di ASEAN," kata Saleh Husin.

Untuk dapat mewujudkan itu, menurut Saleh, salah satu yang harus dilakukan Ari adalah membentuk team work yang baik.

"Tentu dengan syarat mampu membuat team work nya yang solid, kompak, kerja cerdas dan guyub menjadi satu sinergitas kokoh guna membawa UI terbang tinggi," imbuh Saleh.

Baca juga: Ini Program Kepemimpinan Rektor UI Ari Kuncoro

Saleh juga menaruh harapan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim untuk mendukung kemajuan UI. Ia meminta Menteri Nadiem memberi bantuan dan perhatian terhadap kemajuan UI.

"Kami juga berharap pada mas Menteri Nadiem yang ikut terlibat dalam proses pemilihan rektor UI sebagai panelis. Ketika itu masih sebagai pelaku usaha. Tak disangka saat ini mas Nadiem menjadi menteri yang membidangi dunia pendidikan, sehingga ikatan batin yang sudah ada semakin kuat. Itu berarti mas Menteri diharuskan memberi perhatian dan bantuan yang lebih terhadap kemajuan UI," ujar Menteri Perindustrian periode 2014-2016.

"Dan bagi sivitas akademik Universitas Indonesia diharapkan dapat bersatu padu, bahu membahu memajukan UI bersama-sama," tuturnya.

Saleh Husin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Muhammad Anis yang  telah mempimpin UI selama 5 tahun dengan banyak kemajuan. Anis pun telah meletakkan pondasi yang kuat sehingga UI mampu bersaing di kancah global menuju World Class University walaupun ada juga yang belum sempat terselesaikan.

"Kami juga mengharapkan Prof Anis terus dapat menyumbangkan pemikirannya guna kemajuan UI," pungkasnya.

Hadir pada acara pelantikan antara lain anggota MWA UI di antaranya Sri Mulyani Indrawati dan tokoh nasional seperti Mochtar Riady, Wamen Keuangan Suahasil Nazara, mantan Menkes Nila Moeloek dan Farid Anfasa Moloek, mantan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoyo dan Anwar Nasution, mantan Menteri Keuangan JB Soemarlin, mantan Menteri ESDM Soebroto, direksi BUMN dan para pimpinan di lingkungan UI, kalangan dosen, mahasiswa serta ILUNI.(RO/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More