Rabu 04 Desember 2019, 13:48 WIB

Curah Hujan Meningkat, Angin Puting Beliung Diwaspadai

Lilik Darmawan | Nusantara
Curah Hujan Meningkat, Angin Puting Beliung Diwaspadai

MI/Tosiani
Puluhan rumah di Dusun Kalianggrung, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Temanggung rusak disapu angin kencang

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meminta kepada masyarakat di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) untuk waspada pada bulan Desember. Sebab, curah hujan sudah mulai meningkat, meski intensitasnya belum terlalu tinggi. Curah hujan diperkirakan antara 51-150 milimeter (mm). Hal yang perlu diwaspadai adalah angin kencang dan angin puting beliung. Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Arief Rahman mengatakan pada dasarian pertama Desember, curah hujan diperkirakan belum terlalu deras, karena intensitas berkisar 51-150 mm.

"Meski demikian, warga harus mulai waspada. Sebab, pada awal musim, ada potensi angin puting beliung atau angin kencang yang disertai dengan hujan deras secara tiba-tiba," kata Arif pada Rabu (4/12/2019).

baca juga: Ada Satu Kasus Pelaku Pencemaran di Anak Sungai Citarum

Dijelaskan oleh Arif, selain angin kencang, banjir, longsor dan gerakan tanah perlu diwaspadai, terutama nanti kalau curah hujan semakin meningkat.

"Berdasarkan prakiraan dari BMKG, curah hujan bakal mengalami puncaknya pada Januari-Februari mendatang. Oleh karena itu, BPBD Banjarnegara terus melakukan koordinasi dengan desa dan kecamatan untuk mengantisipasi bencana," ujarnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More