Rabu 04 Desember 2019, 13:44 WIB

Ada Satu Kasus Pelaku Pencemaran di Anak Sungai Citarum

Cikwan Suwandi | Nusantara
Ada Satu Kasus Pelaku Pencemaran di Anak Sungai Citarum

Antara
Ilustrasi

 

DENGAN program Citarum Harum dan pelibatan TNI dalam Satgas Citarum, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengklaim tingkat pencemaran limbah industri berkurang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang, Wawan Setiawan mengatakan sepanjang 2019, hanya ada satu kasus pencemaran yakni PT Pindo Deli 3. Perusahaan kertas itu mencemari Sungai Cibeet yang merupakan anak Sungai Citarum.

Anak perusahaan Sinarmas itu mendapatkan sanksi administrasi langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Namun jika perusahaan itu tetap membandel, dikatakan Wawan, peningkatkan sanksi lebih tegas akan dilakukan.

Sepanjang kemarau 2019, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang tidak mendapatkan laporan adanya ikan-ikan mati di Citarum Hilir. Biasanya pada tahun-tahun sebelumnya di musim kemarau pihaknya akan mendapatkan laporan ikan-ikan mati dan sungai Citarum berubah warna.

"Mungkin karena ada pengawasan lebih dari pengawasan dari TNI. Sehingga sangat membantu kami," kata dia.

baca juga: Pengamanan Kereta Api Dimaksimalkan

Ia memngakui keberadaan TNI juga membantu pihaknya untuk mengatasi persoalan limbah rumah tangga khususnya sampah-sampah yang dibuang langsung di sepadan sungai.

"Bahkan beberapa titik tempat yang dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah. Justru dijadikan taman-taman," katanya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More