Rabu 04 Desember 2019, 13:16 WIB

Erick Thohir Ancam Copot Direksi Garuda Gara-Gara Harley

Faustinus Nua | Ekonomi
Erick Thohir Ancam Copot Direksi Garuda Gara-Gara Harley

ANTARA/Galih Pradipta
Menteri BUMN Erick Thohir

 

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengancam mencopot direksi PT Garuda Indonesia (Persero) hija terbukti menyelundupkan barang ilegal.

Sebelumnya, Bea Cukai menemukan barang ilegal berupa sparepart Harley Davidson dan sepeda Brompton di bagasi armada baru Garuda Airbus A330-900 Neo.

Diduga barang tersebut milik karyawan Garuda yang turut dalam penerbangan perdana pesawat baru itu dari Toulouse, Prancis menuju Bandara Soekarno-Hatta, 17 November lalu.

"Kalau benar ya harus dicopot. Yang lebih baik sebelum ketahuan mengundurkan diri. Itu kita kaya samurai Jepang juga memang, tapi itu kalau benar. Kita juga mesti ada praduga tidak bersalah. Tapi kalau benar ya kita copot," tegas Erick di Pasific Place, Jakarta, Rabu  (4/12).

Baca juga: Ini Daftar Penumpang di Pesawat Berisi Onderdil Harley Davidson

Saat ini, Erick mengatakan Kementerian BUMN menyerahkan kepada Bea Cukai untuk menidaklanjuti sesuai prosedurnya.

Apabila terbukti sesuai informasi yang beredar saat ini, pihaknya akan langsung mencopot jajaran direksi yang terlibat.

"Kita tunggu saja. Saya rasa Ibu Sri Mulyani sendiri sudah menginstruksikan kepada kepala Bea Cukai untuk melihat setransparan mungkin dan beliau akan turun langsung. Saya kira tinggal menunggu saja," imbuhnya.

Erick menambahkan dirinya belum memikirkan merombak jajaran direksi dan komisaris Garuda seperti BUMN lainnya. Namun, dengan kasus terbaru ini, dia akan mengkaji lagi hal itu.

"Saya belum ada rencana, tapi kita lihat saja proses dari pada yang sekarang ini ya," tutupnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More