Rabu 04 Desember 2019, 11:50 WIB

Akibat Konflik Pilkades, Ada 17 Desa Belum Ajukan Dana Desa

Cikwan Suwandi | Nusantara
Akibat Konflik Pilkades, Ada 17 Desa Belum Ajukan Dana Desa

Antara
Dampak Pilkades, sebanyak 17 desa di Kabupaten Karawang belum mengajukan dana desa.

 

DINAS Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Karawang, Jawa Barat menyatakan sebanyak 17 desa di Karawang, Jawa Barat belum mengajukan dana desa tahap dua dan tiga Tahun 2019. Dari sisa anggaran tahap dua dan tiga tersebut, sebanyak Rp9,3 miliar dana desa terancam tidak terserap. Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa DPMD Agus Somantri mengatakan dari 17 desa tersebut belum mengajukan dana desa akibat konflik di internal desa karena dampak Pilkades. Sehingga ada proses pengajuan pencairan dana desa yang tersendat.

"Ada sekitar 17 desa, bahkan 4 desa diantaranya belum menyelesaikan pengajuan dana desa untuk tahap dua dan tiga," kata Agus kepada Media Indonesia, Rabu (4/12/2019).

Agus menyatakan pihak DPMD telah mengeluarkan surat kepada desa-desa tersebut untuk segera melakukan pencairan dana desa.

"Surat sudah kita keluarkan. Dan hari ini akan kita kumpulkan desa-desa tersebut. Kami menargetkan minggu depan semuanya sudah selesai. Hanya kemungkinan 4 desa yang belum menyelesaikan tahap kedua, anggarannya yang tahap tiga akan masuk dalam luncuran," katanya.

Luncuran itu akan cair pada tahun depan, sehingga pemerintah desa harus menyelesaikan pembangunannya tahun 2019 pada tahun 2020.

Anggaran dana desa sendiri di Karawang pada Tahun 2019 mencapai Rp341.088.381.800. Program dana desa selama lima tahun terakhir dinilainya cukup berhasil dengan pencapain tidak ada lagi desa tertinggal di Karawang.

baca juga: Pemerintah Targetkan Prevalensi Stunting Turun 14% Pada 2024

"Tahun lalu masih ada yakni Desa Muara. Tetapi tahun ini sudah tidak ada lagi desa tertinggal," terangnya.

Agus mengakui penggunaan dana desa di Karawang rata-rata masih berkutat terhadap pembangunan jalan lingkungan dan jalan setapak. Ia akan mengedapankan penggunaan dana desa yang lebih inovatif. (OL-3)

 

Baca Juga

Antara

25 ODP di NTT Tunggu Hasil Uji Lab 3

👤Palce Amalo 🕔Kamis 02 April 2020, 14:00 WIB
Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Timur (NTT) masih menunggu hasil laboratorium uji swab terhadap 25 warga setempat yang berstatus orang dalam...
MI/Ferdinus Rabu

Stok Bahan Pokok di Bulog Larantuka Cukup untuk 4 Bulan

👤Ferdinandus Rabu 🕔Kamis 02 April 2020, 13:40 WIB
PERUM Bulog Laratuka menjamin ketersediaan beras dan kebutuhan pokok lainnya selama empat bulan mendatang. Masyarakat tidak perlu...
Antara

113 Warga Magelang Jalani Rapid Test, 110 Negatif Covid-19

👤Tosiani 🕔Kamis 02 April 2020, 13:00 WIB
Pemkab Magelang telah melakukan rapid tes pada 113 orang dalam pemantauan (ODP). Hasil sementara tiga orang dinyatakan positif covid-19,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya