Rabu 04 Desember 2019, 10:47 WIB

Ini Daftar Penumpang di Pesawat Berisi Onderdil Harley Davidson

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Ini Daftar Penumpang di Pesawat Berisi Onderdil Harley Davidson

ANTARA/Muhammad Iqbal
Ilustrasi--pesawat milik Garuda Indonesia

 

PETUGAS Bea dan Cukai Soekarno-Hatta menemukan onderdil motor Harley Davidson dan dua unit sepeda Brompton ilegal di lambung pesawat anyar maskapai Garuda Indonesia jenis A330-900 seri Neo pada medio November 2019.

Onderdil motor Harley dan dua unit sepeda Brompton tersebut ditemukan petugas Bea Cukai di lambung pesawat (tempat bagasi penumpang) yang terurai di 18 boks cokelat.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Direktur Kepabeanan Internasional dan Antarlembaga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Syarif Hidayat mengatakan 18 boks tersebut dimiliki penumpang pesawat baru itu.

"Pada 18 boks yang ditemukan, didapati 15 koli claimtag atas nama SAW berisi part motor Harley Davidson bekas dengan kondisi terurai dan 3 koli claimtag atas nama LS berisi 2 unit sepeda Brompton kondisi baru beserta aksesori sepeda," kata Syarif.

Baca juga: Garuda Angkut Moge Ilegal

Meski begitu, Bea dan Cukai masih mendalami dan melakukan penelitian lebih lanjut atas temuan tersebut.

Selain SAW dan LS, jajaran direksi Garuda juga terdaftar sebagai penumpang pesawat yang lepas landas dari Prancis tersebut.

Kepala Subdirektorat Informasi dan Komunikasi Ditjen Bea dan Cukai Denny Surjantoro membenarkan adanya sejumlah direksi Garuda di pesawat yang membawa onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton itu.

"Kalau Direksi memang benar ada, beberapa direksi, tapi saya kurang tahu direksi apa saja. (apa barang-barang itu milik para direksi tersebut?) Nah itu tunggu hasil penelitian teman-teman di lapangan ya," kata Denny.

Sementara Vice President Corporatw Secretary PT Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan mengungkapkan jajaran direksi yang ada di pesawat tersebut tidak mengetahui adanya onderdil Harley dan sepeda Brompton itu.

Seluruh barang yang dibawa di dalam pesawat, lanjutnya, juga sudah dilaporkan kepada petugas kepabeanan (self declared) termasuk bawaan (bagasi) karyawan yang onboard dalam penerbangan tersebut.

"Setelah kejadian (ditemukan barang ilegal) direksi baru mengetahui. Kita pasti melihatnya dan ke depan akan ada perbaikan prosedur. Khususnya tentang barang-barang kargo, bagasi penumpang kita akan buat lebih ketat," terang Ikhsan.

Berdasarkan informasi yang diterima, terdapat 21 orang yang terdaftar di manifes penumpang pesawat. Mereka adalah:

1. I Gusti Ngurah Askhara (Dirut Garuda)

2. I Gusti Ayu Rai Dyana Dewi (Istri Dirut Garuda)

3. Iwan Joeniarto (Direktur Teknik dan Layanan Garuda)

4. Etty Rasfigar

5. Mohammad Iqbal (Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha)

6. Ratih Agustanti

7. Retno Bayusari Sukradewi

8. Heri Akhyar (Direktur Capital Human)

9. Widyasih Tumono

10. Diah Seruni Rizqiana Wulansari

11. Lokadita Sedimesa Brahmana

12. Simon Theo Pimpin Nainggolan

13. Satyo Adi Swandhono

14. Nova Wijayanti Ponardi

15. Muhammad Fuad Rasyidi

16. Sugiono

17. Martha Emyua Taurisia

18. Judis Priastono Utama

19. Joe Surya

20. Alberto Blanco Lopez

21. Laurent Jean Yves Godin

(OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More