Rabu 04 Desember 2019, 08:49 WIB

Penderita HIV/AIDS Bekasi Terbanyak Kedua di Jabar

Gana Buana | Megapolitan
Penderita HIV/AIDS Bekasi Terbanyak Kedua di Jabar

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Mahasiswa dari berbagai kampus melakukan kampanye antidiskriminasi terhadap ODHA

 

SEBANYAK 1.000 warga Kota Bekasi tercatat sebagai penderita HIV/AIDS. Angka tersebut membuat wilayah setempat menduduki posisi teratas kedua dengan jumlah penderita HIV/AIDS terbanyak di Jawa Barat.

“Pemerintah mengambil peran untuk memberikan motivasi mereka agar bisa mematikan penyebaran virus,” ungkap kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Rabu (4/12).

Pihaknya sudah berupaya memberikan pendampingan pada seluruh penderita. Salah satunya dengan mengedukasi masyarakat agar tidak mengucilkan atau menjauhi penderitanya.

“Sudah kami lakukan upaya preventif untuk memberi edukasi kepada masyarakat Kota Bekasi untuk menghadapi para penderita,” jelas dia.

Baca juga: Hilangkan Stigma Penderita HIV/AIDS

Tingginya penyebaran HIV/AIDS di Kota Bekasi, kata Tri, karena dipengaruhi struktur lingkungan. Seperti pergaulan bebas yang membuat orang terpapar virus mematikan itu. Selain itu, penyebarannya juga melalui jarum suntik dan seks bebas.

Tri mengaku pihaknya bukan hanya melakukan pencegahan penyakit saja, namun juga meningkatkan kesadaran serta meminimalisir penyebaran HIV/AIDS yang sudah begitu meresahkan.

Di sisi lain, stigma negatif tentang ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) pun perlu dihilangkan. Sebab, penyakit tersebut tidak hanya berakibat melemahkan kekebalan tubuh, juga mengguncang psikologis penderitanya.

“Bagi keluarga, efek negatif  juga terjadi karena HIV/AIDS dianggap sebagai aib, sehingga mereka perlu menyembunyikannya dari siapapun,” pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More