Rabu 04 Desember 2019, 10:15 WIB

Federer Diabadikan dalam Bentuk Koin

Antara | Olahraga
Federer Diabadikan dalam Bentuk Koin

AFP/Handout / Swissmint
Koin Roger Federer

PERUSAHAAN percetakan koin resmi Swiss, Swissmint, mengabadikan petenis kebanggaan negara tersebut, Roger Federer, dalam bentuk koin pecahan 20 franc.    

Hal itu menjadi bersejarah karena Federer menjadi orang pertama yang masih hidup yang citranya dicetak untuk menghiasi permukaan koin sebagai bentuk penghormatan oleh Swissmint.   

Federer bisa dikatakan menjadi individu paling terkenal di Swiss, dengan catatan memenangkan 103 gelar tingkat tur, termasuk 20 gelar Grand Slam dan 28 ATP Masters 1000.

Ia juga memegang rekor 310 minggu sebagai peringkat pertama di ATP Rankings.    

Petenis berusia 38 tahun itu sekarang berada di peringkat ke-3 dalam klasemen akhir 2019 menandai kali ke-15 ia berada di jajaran tiga terbaik dunia, termasuk rekor menjadi petenis tertua yang mengakhiri musimnya di peringkat ketiga.

Baca juga: Priska Madelyn Berambisi Raih Emas

Di luar lapangan, Federer terlibat dalam kegiatan amal di seluruh dunia dengan yayasan yang menggunakan nama dirinya, yang ia dirikan pada 2003.

Federer juga pernah menerima penobatan di luar lapangan. Pada 2012, Kota Halle di Jerman menamai sebuah jalan menggunakan namanya.

Sebelumnya, pada 2007, Swiss Post juga merilis perangko Roger Federer di tempat kelahirannya di Basel.    

Selain akan menghiasi koin nominal 20 franc, pada Mei 2020, Swissmint juga berencana untuk mengeluarkan koin emas 50 franc juga dengan citra Federer namun dengan rancangan yang berbeda.   

Untuk koin 20 franc, prapenjualan dimulai pada Senin (2/12) dan berlanjut hingga 19 Desember 2019 atau sampai proses pencetakan pertama sebanyak 55.000 unit telah terjual habis.    

Namun, para penggemar Federer tidak akan kecewa jika gagal mendapatkan koin kesayangan mereka di prapenjualan karena Swissmint bisa kembali mencetak 40.000 koin lanjutan jika permintaan melebihi target.    

Semua koin Federer ini bisa dibeli melalui laman daring Swissmint. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More