Rabu 04 Desember 2019, 08:15 WIB

PT KCI Tambah Layanan Bagi Pengguna Dengan Disabilitas

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
PT KCI Tambah Layanan Bagi Pengguna Dengan Disabilitas

MI/USMAN ISKANDAR
Puluhan anak penyandang cacat naik kereta KRL Ekspres jurusan Jakarta - Bogor PP yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta.

 

BERTEPATAN dengan Hari Disabiitas Internasional yang jatuh setiap 3 Desember, PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) terus berusaha meningkatkan aksesibilitas layanan bagi para pengguna jasa dengan disabilitas.

Peningkatan pelayanan tersebut dengan memperkenalkan Ruang Pelayanan Disabilitas yang letaknya berada di pintu utara Stasiun Juanda. Pengguna dengan disabilitas dapat memanfaatkan ruangan itu untuk memastikan kebutuhannya saat menggunakan KRL terpenuhi dengan baik.

"Di sini, pengguna juga dapat menyampaikan masukan seputar layanan disabilitas serta informasi seputar pelayanan PT KCI secara umum," kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan resmi, Senin (3/12).

Baca juga: Transjakarta Tembus Penumpang 980ribu/Hari

Selain itu, para pengguna jasa dengan disabilitas juga dapat memanfaatkan layanan khusus disabilitas di nomor 081296605747 yang dapat dihubungi melalui telepon, SMS, dan layanan Whatsapp.

Sebelum bepergian menggunakan KRL Commuter Line, pengguna jasa dengan disabilitas dapat menghubungi nomor telepon tersebut dan menginformasikan perkiraan waktu kedatangan mereka di stasiun keberangkatan.

Selanjutnya, petugas di stasiun keberangkatan akan berkoordinasi dengan petugas di dalam KRL maupun petugas di stasiun tujuan.

"Petugas akan membantu pengguna jasa dengan disabilitas tidak hanya sesampainya di stasiun tujuan tapi juga mengantarkan hingga pengguna hendak menggunakan moda transportasi lanjutan," ungkap Anne.

Sebelumnya, berbagai fasilitas bagi para pengguna jasa dengan disabilitas sudah tersedia di seluruh stasiun. Fasilitas tersebut antara lain guiding block, kursi roda, ramp portable, kursi prioritas, serta informasi melalui suara mau pun visual di kereta dan di stasiun.

Berbagai layanan ini merupakan upaya PT KCI yang juga bersinergi dengan stakeholder, mulai dari komunitas, pengguna, operator, hingga regulator.

PT KCI yakin layanan KRL Commuter Line akan lebih ramah bagi disabilitas dan tentunya semakin aksesibel bagi seluruh pengguna jasa KRL. (OL-2)

Baca Juga

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Tambah 105 Kasus, 6.826 orang Terinfeksi Covid-19 di Jakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 27 Mei 2020, 17:02 WIB
Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DKI jakarta Ani Ruspitawati menambahkan, jumlah pasein covid-19 yang sembuh kini...
MI/Ramdani

APPBI DKI: Jika Mal Tidak Dibuka Segera, Semua Bisnis Collapse

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Mei 2020, 16:50 WIB
Ketua Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat menuturkan semua pengelola pusat belanja dan retailer mengalami...
MI/Pius Erlangga

Tarif Angkutan Darat Kemungkinan akan Naik karena New Normal

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 27 Mei 2020, 16:30 WIB
Kementerian Perhubungan tengah mempertimbangkan untuk menaikkan tarif tiket pesawat dan kereta api untuk beradaptasi dengan 'new...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya