Selasa 03 Desember 2019, 23:42 WIB

Edukasi Perlindungan Jamaah, Amphuri Canangkan #safehajiumrah

mediaindonesia.com | Humaniora
Edukasi Perlindungan Jamaah, Amphuri Canangkan #safehajiumrah

Dok. Amphuri
Sosialisasi #safehajiumrah

 

KOMITMEN memberikan pelayanan terbaik pada jamaah haji dan umrah dikuatkan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) dengan mencanangkan gerakan #safehajiumrah.

Ketua Umum DPP Amphuri Joko Asmoro mengatakan, gerakan itu merupakan upaya untuk menggabungkan 2 program pemerintah, yaitu Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh) Kementerian Agama dan Safe Travel Kementerian Luar Negeri.

“Amphuri menggabungkan dua program pemerintah tersebut, Siskopatuh dan Safe Travel dengan nama gerakan #safehajiumrah sebagai upaya untuk mewujudkan ibadah haji dan umrah yang aman dan nyaman,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (3/12).

Amphuri pun mulai menyosialisasikan secara serentak di tujuh kota di seluruh Indonesia. Selain di Jakarta, digelar juga di Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar.

Joko menjelaskan, Siskopatuh yang diluncurkan Agustus 2019 bertujuan untuk menjamin pelayanan yang maksimal dari biro travel yang ada di Indonesia merupakan usaha pemerintah dalam menjaga 5 Pasti Umrah.

Baca juga : Izin 3 Biro Perjalanan Ibadah Umrah Dicabut

Kemudian, Safe Travel, sebuah aplikasi yang berisi informasi praktis sangat diperlukan oleh WNI ketika berada di luar negeri untuk berbagai keperluan, seperti wisata, studi, bekerja, termasuk haji dan umrah.

Di sisi lain, Amphuri juga mempunyai AISYAH, sebuah inovasi pelayanan bisnis perjalanan umrah dengan ekosistem yang dibangun setara dengan platform yang dikembangkan unicorn-unicorn yang ada di Indonesia. AISYAH sendiri didukung lebih dari 427 anggota Amphuri.

Amphuri juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan BSM dalam rangka menunjang penyelenggaraan haji khusus dan umrah. begitu juga  kerja sama dengan Kemenlu dalam rangka perlindungan WNI.

Sosialisasi #safehajiumrah di Jakarta dilakukan Amphuri di gedung Wisma Mandiri dan dihadiri oleh Wakil Ketua MPR Arsul Sani, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Muhajirin Yanis, Direktur Perlindungan WNI-Badan Hukum Indonesia Ditjen Protokoler dan Konsuler Kemlu Judha Nugraha serta SEVP Bank Syariah Mandiri Anton Sukarna dan Group Head Hajj & Umra Group Vita Andrianty. (RO/Ol-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More