Selasa 03 Desember 2019, 19:21 WIB

Dua BUMD Sumbar Dapat Suntikan Rp20 Miliar

Yose Hendra | Nusantara
Dua BUMD Sumbar Dapat Suntikan Rp20 Miliar

Ilustrasi
Ilustrasi

 

DUA Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), dapat suntikan Rp2O miliar pada 2020. Kedua BUMD itu yakni Bank Nagari dan PT.Jamkrida.

''Dua BUMD itu mesti bekerja optimal agar mampu mencapai  target deviden yang ditetapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar,''ujar Ketua DPRD Sumbar Supardi, Selasa (3/12).

Dia merincikan pada komposisi APBD tahun 2020, Bank Nagari mendapatkan Rp5 miliar. Sedangkan PT Jamkrida mendapatkan Rp15 miliar, dua alokasi tersebut, masuk dalam pos pembiayaan daerah yang berjumlah Rp377 miliar.

BUMD mesti memberikan kontribusi terhadap keuangan daerah, dimana pemerintah mesti proaktif menambah sumber pendapatan dari sejumlah sektor, termasuk penyertaan modal BUMD.

Dia juga melihat kinerja BUMD belum optimal. Pemerintah daerah telah melakukan upaya untuk menggenjot kinerja, namun belum menujukan perkembangan yang signifikan.

''Pemerintah daerah sebagai pemegang saham, harus melakukan langkah-langkah yang terukur dan terarah untuk perkembangan BUMD,''
katanya.

Sebelumnya DPRD sahkan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang APBD tahun 2020 sebesar Rp7,364 triliun.

Dia menyampaikan, saat pembahasan yang dilakukan badan anggaran (Banggar) DPRD Sumbar bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), pendapatan daerah sebesar Rp6,9 triliun, dengan rincian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp2,5 triliun, dana perimbangan Rp4,3 triliun dan pendapatan lain-lain PAD yang sah sebesar Rp62 miliar. (OL-11)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More