Selasa 03 Desember 2019, 06:22 WIB

Messi Kembali Raih Ballon d'Or

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola
Messi Kembali Raih Ballon d

AFP/FRANCK FIFE
Lionel Messi saat menerima Ballon d

 

PENYERANG andalan Barcelona Lionel Messi sukses menyabet penghargaan Ballon d'Or 2019. Gelar penghargaan sebagai pemain terbaik dunia tersebut merupakaan yang keenam bagi Messi.

Messi dinobatkan sebagai pemenang Ballon d'Or 2019 dalam acara yang digelar di Chatelet Theatre, Paris, Selasa (3/12) dini hari WIB.

Peraih Ballon d'Or tahun lalu, Luka Modric, menjadi orang yang memberikan langsung trofi penghargaan kepada Messi.

Pemain berjuluk La Pulga itu dipastikan memenangkan penghargaan paling bergengsi untuk para pesepak bola dunia setelah mengungguli bek Liverpool Virgil Van Dijk dan bintang Juventus Cristiano Ronaldo.

Pemain asal Argentina itu kini unggul satu tingkat di atas Ronaldo setelah keduanya sama-sama mengunci lima penghargaan. Terakhir, Messi memenangkan gelar pemain terbaik dunia pada 2015.

Baca juga: Messi Antar Barcelona Bungkam Atletico Madrid

Ronaldo sendiri memenangkan penghargaan itu pada 2016 dan 2017 serta Modric menjadi pemisah dominasi keduanya dalam peraihan gelar Ballon d'Or.

Secara mengejutkan, pemain asal Kroasia itu meraih gelar pemain terbaik dunia pada tahun lalu dan saat itu pula ia mengakhiri dominasi sepuluh tahun dua monster sepak bola.

Secara individu, Messi memang layak menjadi pemain terbaik di dunia. Pasalnya, Messi tampil produktif selama satu tahun belakangan.

Messi telah mencetak 40 gol dan membuat 17 assist. Artinya, Messi telah melakukan itu hanya dalam waktu 3.516 menit di atas lapangan.

Ia pun sukses membawa Barcelona meraih gelar La Liga di musim 2018/2019. Di musim baru, Messi telah menorehkan 11 gol dari semua kompetisi yang dilakoni.

Messi ditasbihkan menjadi satu-satunya pemain di dunia yang telah memenangi Ballon d'Or sebanyak enam kali.

Sebelumnya, pemain berusia 32 tahun itu meraihnya pada 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015.

Sepanjang berkarier sebagai pesepak bola, Messi sejatinya sudah meraih berbagai penghargaan dan trofi bergengsi, dari mulai gelar juara La Liga, Liga Champions, Copa del Rey, Piala Super Eropa, hingga Piala Dunia Antarklub.

Sayangnya, hingga saat ini, Messi belum mengantarkan Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia atau Copa America.

Kemenangan kali ini pun menyadarkan Messi bahwa waktu terus berputar. Ia sadar usianya sudah tidak muda lagi.

Namun, ia berharap gelar ini bukanlah akhir dari prestasi terbaiknya. Di usia senja, Messi ingin menikmati sepak bola di pengujung karirnya.

"Saya menyadari usia saya dan saya tahu waktu terus berlalu. Saya tahu bahwa waktu untuk pensiun semakin dekat," ujar Messi, Selasa (3/12).

"Saya ingat Ballon d'Or pertama saya. Saya tiba di sini bersama saudara-saudara saya. Sekarang, saya mengambil yang keenam dengan keluarga saya duduk di sana, itu benar-benar tidak terpikirkan saat itu," tambahnya. (guardian/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More