Selasa 03 Desember 2019, 05:00 WIB

Kota Baru Ikut Ramaikan SEA Games

Budi Ernanto Wartawan Media Indonesia/ (R-1) | Olahraga
Kota Baru Ikut Ramaikan SEA Games

(Photo by WAKIL KOHSAR / AFP)
Stadiun New Clark City itu, telah berdiri di lahan seluas 9.500 hektare. Lokasi persisnya ada di Tarlac

PADA 2012, Arnel Casanova, mantan bos perusahaan Filipina Bases Conversion Development Authority (BCDA), membuat banyak orang bingung karena melontarkan ide untuk membangun sebuah kota di pedalaman. Tidak sampai satu dekade, apa yang dicetuskan Casanova menjadi kenyataan.

Sebagian dari kota baru bernama New Clark City itu, telah berdiri di lahan seluas 9.500 hektare. Lokasi persisnya ada di Tarlac atau sekitar 110 kilometer dari Manila.

Di kota baru tersebut, kini berdiri pusat olahraga yang terdiri atas stadion akuatik dan stadion atletik yang jadi arena SEA Games 2019.

Stadion atletik telah ditetapkan bakal jadi tempat digelarnya upacara penutupan pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu.

New Clark City direncanakan akan menjadi sebuah tempat tinggal yang menampung hingga 1,2 juta orang. Luas tanah yang akan dipakai untuk kawasan perumahan dan juga lahan komersial serta kantor pemerintahan hanya sekitar 3.500 hektare. Sisanya, jadi ruang terbuka hijau.

Dengan ikut ambil bagian dari pelaksanaan SEA Games, New Clark City dimaksudkan sebagai pusat dari ajang dua tahunan itu. Para wakil negara tetangga dan juga tuan rumah selama bertanding tinggal di wisma atlet yang berlokasi di seberang stadion atletik. Main press center atau ruang kerja para wartawan yang meliput juga ada di dekat New Clark City.

Namun, kota yang paling banyak mempertandingkan cabang olahraga tetaplah Manila. Sementara di New Clark City, hanya dipertandingkan atletik dan akuatik.

Jika ingin datang ke New Clark City, butuh perjuangan yang sangat berat, khususnya dari Manila. Dengan kondisi lalu lintas Manila yang padat, waktu tempuh menuju New Clark City menggunakan mobil bisa mencapai 6-7 jam. Waktu tempuh yang terbilang normal hanya sekitar 3-4 jam.

Karena itu, nantinya New Clark City diwacanakan bakal memiliki beberapa infrastruktur pendukung untuk bisa memudahkan mobilitas penduduknya. Salah satunya dengan membangun jaringan transportasi antara Manila dan New Clark City.

Untuk bisa benar-benar melihat New Clark City sebagai kota yang sesuai mimpi Casanova, pastilah tidak dalam waktu dekat ini. Apa yang bisa disaksikan sekarang hanya kegiatan olahraga di arena-arena yang akan menjadi kompleks olahraga kedua setelah Rizal Memorial Sports Complex di Manila yang dibangun delapan dekade silam. (R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More