Selasa 03 Desember 2019, 04:50 WIB

Peluang Indonesia Tetap Besar

(R-1) | Olahraga
Peluang Indonesia Tetap Besar

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/
Harry Warganegara, Deputi I Games Operation dan Chef de Mission Kontingen Indonesia .

HINGGA hari kedua SEA Games 2019, raihan medali emas Indonesia masih di bawah angka 10. Jumlah itu masih jauh dari bidikan 60 emas yang dipatok untuk bisa menduduki posisi dua klasemen umum.

Walau demikian, Komandan Kontingen (CdM) Indonesia Harry Warganegara menyatakan kans tim Merah Putih tetap besar. Seperti apa sebenarnya peluang Indonesia, berikut petikan wawancara Media Indonesia dengan Harry.

Sementara didapat enam medali emas, bagaimana Anda melihatnya?

Mudah-mudahan target yang diamanahi Presiden bisa terpenuhi. Saya optimistis melihat penampilan para atlet. Indonesia negara terbesar di Asia Tenggara, hasil yang didapat juga harus paling besar.

Bentuk dukungan apa yang Anda berikan ke atlet?

Saya datangi arena-arena tempat atlet bertanding. Saya akan optimalkan diri untuk sambangi atlet supaya mereka semangatnya berkobar.

Bagaimana peluang Indonesia sebenarnya?

Peluang untuk capai target akan tetap besar selama berjuang keras. Tidak ada kata tidak bisa. Walau kondisi memang tidak bisa, harus kuatkan mental. Pesan saya kepada pelatih dan ofisial, besarkan mental atlet. Saya percaya atlet kita punya mental baja.

Kali ini kita bergantung juga ke atlet junior. Apakah dengan mengandalkan atlet junior tetap bisa raih hasil maksimal?

Sekarang, atlet (junior) yang ada ya biarlah mereka punya pengalaman, jangan ditarget terlalu tinggi. Dapat medali emas ya syukur, kita hargai. Tapi, yang penting harus kita motivasi, kalo belum dapat yang terbaik jangan dipatahkan.

Apakah tidak bisa menambah jam terbang di Tanah Air?

Semua cabang olahraga di Indonesia kelemahannya ialah tidak memiliki cukup turnamen untuk uji kemampuan dan nyali. Itu masalah pembinaan di Indonesia, baik di pusat maupun daerah. Marilah kita perbanyak jumlah turnamen. (R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More