Selasa 03 Desember 2019, 04:30 WIB

PT KAI Luncurkan KA Dharmawangsa Tujuan Surabaya

(Hld/E-1) | Ekonomi
PT KAI Luncurkan KA Dharmawangsa Tujuan Surabaya

MI/Hilda Julaika
PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro

 

PT Kereta Api Indonesia (persero) meluncurkan kereta api (KA) baru, KA Dharmawangsa (KA 136), untuk melayani rute Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi (PP).

Kereta yang memberikan layanan eksekutif dan ekonomi ini diprediksi bisa mengerek peningkatan penumpang hingga 4% di akhir tahun ini.

"Dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini, kami berharap dapat mengakomodasi kebutuhan perjalanan KA para pelanggan yang ingin ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sekaligus dapat meningkatkan minat masyarakat menggunakan kereta api dalam setiap perjalanannya," ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, di Stasiun Pasar Senen, kemarin.

Edi melihat adanya pertumbuhan masyarakat dalam menggunakan kereta api menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kapasitas dari kereta ini ditingkatkan menjadi 150 tempat duduk (TD) untuk kereta eksekutif. Adapun untuk kereta ekonomi memiliki kapasitas 636 TD sehingga total kursi yang disediakan ialah 786.

Menurut Edi, dari laporan yang dimilikinya, okupansi untuk penumpang menuju Surabaya ini cukup tinggi. Ada sekitar 15 stasiun yang dilalui menuju Surabaya dengan okupansi mencapai 96%. Adapun untuk okupansi dinamis mencapai angka 104%. Okupansi dinamis berkaitan dengan penumpang yang berhenti di stasiun persinggahan. (Hld/E-1)

Baca Juga

Dok bank bjb

bank bjb Raih Penghargaan The Strongest Regional Bank

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 14:18 WIB
Ragam perolehan positif ini semakin membuat bank bjb percaya diri menghadapi sisa masa kuartal akhir...
Dok: Biro Setwapres

Wapres tak Ingin Indonesia Jadi Tukang Stempel Produk Halal Global

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 13:10 WIB
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia masih banyak mengimpor produk halal dari berbagai negara. Indonesia masih menjadi...
MI/Ramdani

Wapres Ingin Indonesia Jadi Produsen Halal Terbesar Dunia di 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 13:05 WIB
Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, lanjut Wapres, Indonesia merupakan pasar yang sangat menentukan dalam perdagangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya