Senin 02 Desember 2019, 19:30 WIB

Menyikat Gigi Menurunkan Risiko Gagal Jantung

Bagus Pradana | Weekend
Menyikat Gigi Menurunkan Risiko Gagal Jantung

Antara
Aksi menyikat gigi oleh alumni Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga Surabaya, beberapa waktu lalu.

MENYIKAT gigi setidaknya tiga kali sehari dapat menurunkan risiko gagal jantung hingga lebih dari 10 persen, merujuk penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Korea Selatan.

Dilansir Daily Mail, Minggu (1/12), para ilmuwan di Korea Selatan meneliti hubungan antara kebersihan mulut dan masalah jantung dalam penelitian terhadap 161.000 responden yang berusia antara 40 dan 79 tahun.

Mulut yang penuh dengan bakteri memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap peradangan, dan akan mempengaruhi kemampuan jantung untuk memompa darah, sehingga akan meningkatkan resiko gagal jantung terjadi.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kebiasaan menyikat gigi secara rutin selain mengurangi bakteri yang hidup di antara gigi dan gusi, juga akan membuat denyut jantung semakin lebih teratur. Hal ini ternyata berdampak pada penurunan risiko gagal jantung dan fibrilasi atrium.

Risiko gagal jantung diperkirakan mengalami penurunan sebesar 12 persen lebih rendah dari pada mereka yang tidak melakukan aktivitas tersebut secara rutin, begitu juga dengan risiko atrium fibrilasi, yang akan berkurang 10 persen. Penelitian ini diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology.

Peneliti senior Dr Tae-Jin Song, dari Ewha Woman's University di Seoul mengatakan, "Kami mempelajari kelompok besar dalam jangka waktu yang lama untuk menguji temuan kami,". (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More