Senin 02 Desember 2019, 07:40 WIB

Sekolah dan Siswa Diminta Cermati Registrasi Akun LTMPT

Indriyani Astuti | Humaniora
Sekolah dan Siswa Diminta Cermati Registrasi Akun LTMPT

MI/PIUS ERLANGGA
Dua orang siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Jakarta menunjukan perbedaan hasil saat mengakses situs resmi Seleksi Nasional Masuk SNMPTN.

 

LEMBAGA Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2020 mulai hari ini pukul 15.00 WIB. Sekolah dapat mendaftar dan mengisi pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) serta untuk siswa calon pendaftar SNMPTN 2020. Pendaftaran dibuka hingga 7 Januari 2020.

"Karena sudah diterapkan single sign on yang merupakan tahapan awal SNMPTN, sekolah yang siswanya akan mendaftar SNMPTN 2020 dan calon peserta SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id," ujar Ketua LTMPT Prof Ravik Karsidi melalui siaran pers resmi, kemarin.

Ia meminta pihak sekolah dan siswa agar memperhatikan betul registrasi akun LTMPT karena ada dua bagian, yaitu akun untuk sekolah dan siswa. Untuk itu, lanjut Ravik, sekolah-sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan login registrasi akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi nomor pokok sekolah nasional (NPSN) dan kode registrasi sekolah pada data pokok pendidikan (dapodik).

Sementara itu, sekolah-sekolah di bawah Kementerian Agama melakukan login registrasi di akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi nomor pokok sekolah nasional (NPSN) dan kode education management information system (EMIS).

Adapun bagi para siswa yang ingin mendaftar, mereka harus melakukan login akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi nomor induk siswa nasional (NISN), nomor pokok sekolah nasional (NPSN), dan tanggal lahir. LTMPT, tambahnya, mengimbau sekolah dan siswa, khususnya yang akan mengikuti SNMPTN 2020, untuk memanfaatkan waktu registrasi akun LTMPT secara baik dengan memperhatikan kerangka waktunya.

"Diharapkan tidak cenderung mendaftar di awal atau akhir waktu agar tidak mengalami hambatan," imbaunya.

Ia juga menuturkan sekolah dan siswa yang mengalami hambatan teknis dalam pelaksanaan registrasi akun LTMPT dapat menyampaikan melalui call center 0804 1 450 450 dan/atau helpdesk http://halo.ltmpt.ac.id/.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemendikbud Ismunandar mengatakan waktu yang disediakan panitia cukup panjang. Untuk itu siswa juga diminta aktif dalam pengisian data nilai dan pemeringkatan sekolah.

Terkait kendala yang pernah dialami para siswa saat mendaftar di tahun-tahun sebelumnya, Ismunandar mengaku, pada tahun ini LTMPT telah mengantisipasi dengan baik segala kemungkinan adanya gangguan. (Ind/Aiw/X-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More