Senin 02 Desember 2019, 00:20 WIB

Portugal Masuk Grup Neraka

MI | Sepak Bola
Portugal Masuk Grup Neraka

Ist
Piala Eropa 2020

 

SENYUM pelatih Jerman, Portugal, dan Prancis sedikit kecut ketika pengundian grup Piala Eropa (Euro) 2020 di Bukarest, Rumania, kemarin dini hari WIB. Betapa tidak, ketiga negara yang superior di kancah sepak bola lima tahun terakhir itu akan berjumpa lebih awal dan saling sikut-sikutan di Grup F.

Grup F menjadi ‘grup neraka’, karena diisi negara yang memenangi gelar prestisius pada tiga turnamen terakhir. Jerman merupakan juara Piala Dunia 2014. Portugal mengangkat trofi Piala Eropa 2016. Lalu, Prancis tampil sebagai juara Piala Dunia 2018.

Sebagai juara bertahan, Portugal tentu bertekad mempertahankan gelar pada edisi spesial 60 tahun Piala Eropa ini. Juru taktik Portugal Fernando Santos mewaspadai kekuatan Jerman dan Prancis. “Ini menjadi grup yang sulit dengan dua tim favorit dan satu penantang. Tapi, kami percaya dengan peluang kami dan kami yakin bisa menang,” ungkap Santos.

Bagi pelatih Jerman Joachim Loew, berada dalam grup neraka merupakan sebuah tantangan. Loew tentu akan tertantang karena kembali bertemu Prancis yang pada Piala Eropa 2016 mengalahkan mereka di babak semifinal. Kekalahan itu membuat Tim Panser gagal mengawinkan trofi Piala Dunia 2014 dengan Piala Eropa 2016.

Sementara itu, pelatih Prancis Didier Deschamps mengaku menerima tantangan berada di grup neraka tersebut. Selain mengintai kekuatan Portugal yang mengalahkan mereka pada final Piala Eropa 2016, Deschamps juga mewaspadai satu penghuni grup dari play-off, yakni  Islandia, Bulgaria, Hongaria, atau Rumania. Duel semifinal play-off digelar 26 Maret 2020, dan laga final pada 31 Maret 2020.

Berikut hasil undian Euro 2020:  Grup A: Turki, Italia, Wales, Swiss. Grup B: Denmark, Finlandia, Belgia, Rusia.
Grup C: Belanda, Ukraina, Austria, pemenang play-off jalur D (Georgia, Belarusia, Masedonia Utara, Kosovo).

Grup D: Inggris, Kroasia, pemenang play-off jalur C (Norwegia, Serbia, Skotlandia, Israel), Republik Ceko.

Grup E: Spanyol, Swedia, Polandia, pemenang play-off jalur B (Bosnia Herzegovina, Irlandia Utara, Slovakia, Rep Irlandia). Grup F: Pemenang play-off jalur A (Bulgaria, Hongaria, Islandia, Rumania), Portugal, Prancis, Jerman. (AFP/Faj/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More