Minggu 01 Desember 2019, 17:13 WIB

Bawaslu Siap Pantau Aktivitas ASN Jelang Pilkada 2020

Kristiadi | Nusantara
Bawaslu Siap Pantau Aktivitas ASN Jelang Pilkada 2020

Antara
Para pengawas Pemilu siap memantau netralitas ASN selama Pilkada 2020.

 

BADAN Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tasikmalaya akan mengawsi kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjelang pemilihan kepala daerah serentak 2020. Pengawasan tersebut dilakukan di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya dibantu masyarakat, agar PNS bisa menjaga netralitas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda mengatakan menjelang Pilkada serentak 2020, anggota komisioner akan mengawasi kinerja Aparatur Negeri Negara (ASN).

"PNS dalam Pilkada telah dirangkum melalui PP no 42 tahun 2014 tentang pembinaan jiwa Korps dan kode etik, melarang mendekati parpol terkait pengusulan dirinya maupun orang lain sebagai bakal calon kepala daerah. Termasuk mememasang spanduk dan mempromosikan dirinya atau orang lain, mendeklarasikan diri sebagai bakal calon kepala daerah, menjadi pembicara calon sambil mengikuti simbol atau gerakan bentuk dukungan. Serta mengunggah keberpihakkan melalui medsos menghadiri deklarasi calon tanpa atribut paslon, parpol," terang Dodi Juanda,  Minggu (1/12/2019).

Dodi mengungkapkan, Bawaslu akan menggandeng sejumlah tokoh masyarakat di Tasikmalaya untuk mengawasi berbagai kegiatan di lingkungan yang berkaitan dengan kampanye pasangan calon dan mengawasi aktivitas aparatur sipil negara.

baca juga: Musim Hujan, Warga Cimahi masih Krisis Air Bersih

Sementara itu, Sekretaris Daerah Iin Aminudin mengatakan, jelang Pilkada serentak meminta agar seluruh ASN harus tetap bekerja secara profesional.

"Kami tidak akan segan-segan jika ada PNS yang ikut dalam kampanye menjelang Pilkada, akan dikenai sanksi secara tegas. Saya, juga meminta agar masyarakat jika menemukan mereka ikut kampanye tolong untuk segera melaporkannya," paparnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More