Minggu 01 Desember 2019, 14:20 WIB

Ini 3 Masalah Utama di Sistem Pendidikan Indonesia

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Ini 3 Masalah Utama di Sistem Pendidikan Indonesia

MI/Adam Dwi
Tokoh pendidikan Najeela Shihab

 

PENGAMAT pendidikan Najeela Shihab menilai kondisi sistem pendidikan Indonesia sedang dalam kondisi gawat darurat karena banyak masalah yang menumpuk. Dia menuturkan, jika dirinci ada tiga isu yang menjadi masalah utama bagi pendidikan di Indonesia.

"Pertama akses, masih banyak sekali kesulitan akses, masih banyak anak yang sebetulnya putus sekolah atau tidak mendapatkan pendidikan yang harusnya mereka dapatkan," kata Najeela saat ditemui usai acara diskusi panel Integrasi, Kolaborasi, dan Inovasi Pendidikan Indonesia di kantor Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (30/11).

Kedua, masalah kualitas. Menurutnya, anak-anak yang bersekolah pun belum tentu mendapatkan kualitas pembelajaran sebagaimana seharusnya. Sedangkan ketiga yakni masalah kesenjangan.

"Di Semua Murid Semua Guru, pada saat kita bicara integrasi fisik kita ingin pemerataan pendidikan. Jadi itu tiga topik besar, diakses kualitas dan kesenjangan," ungkapnya.

Baca juga: Sistem Pendidikan Harus Fleksibel

Najeela mengaku saat ini ikut membantu Mendikbud Nadiem Anwar Makarim menjadi bagian dari tim di pusat studi pendidikan dan kebijakan untuk mengkaji sistem pendidikan. Dia mengungkapkan ketiga masalah tersebut juga menjadi bahasan dalam proses pengkajian yang sedang dilakukan oleh Kemendikbud.

"Kalau misal kita bicara kebijakan pendidikan nasional, mestinya kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah itu pada akhirnya bisa menyelesaikan tiga masalah itu. Sayang sekali kalau misalnya selama puluhan tahun mungkin yang terlihat perkembangan nyatanya hanya di akses, lebih banyak angka partisipasi murid-murid yang ada di sekolah tapi sebetulnya secara kualitas kalau kita lihat hasilnya betul-betul masih jauh dari yang diharapkan. Kemudian secara kesenjangan juga makin lama makin lebar," tuturnya.

Saat ditanya lebih lanjut terkait isu UN akan dihapuskan, Najeela memilih tidak berkomentar.

"Kami sedang ikut mengkaji, sedang ikut merencanakan, jadi maaf saya belum bisa ikut komentar," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

AFP

Susan Kelechi Watson Lawan Rasialisme lewat Film

👤MI 🕔Selasa 24 November 2020, 02:50 WIB
AKTRIS Susan Kelechi Watson, 39, masih merasakan duka mendalam atas meninggalnya warga kulit hitam di Amerika Serikat, George...
AFP

Taylor Swift Artist of the Year 2020

👤MI 🕔Selasa 24 November 2020, 02:30 WIB
PENYANYI solo Taylor Swift, 30, didapuk sebagai artist of the year pada acara penghargaan tahunan American Music Awards (AMA)...
Dok. MI

Komitmen Ekonomi Hijau Indonesia

👤MI 🕔Selasa 24 November 2020, 02:10 WIB
WORLD Economic Forum menyebut bahwa potensi ekonomi hijau sangat besar, yakni ada peluang bisnis sebesar US$10,1...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya